Lazisnu Banyuwangi Siapkan Pengumpul Zakat Hingga Ranting

Banyuwangi, NU_Online BWI – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Banyuwangi menyiapkan para pengumpul zakat (amil) hingga ke tingkat Ranting. Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Kantor PCNU Banyuwangi di bilangan Ahmad Yani, nomor 59, pada Ahad (5/6) kemarin, Lazisnu Cabang Banyuwangi mengumpulkan para Unit Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) yang berada di tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC / setingkat kecamatan).

Dalam rakor tersebut, selain mensosialisasikan tentang Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat, Infaq, dan Shadaqah, juga menyampaikan hasil Rapat Koordinasi Nasional Lazisnu di Jakarta pada beberapa hari sebelumnya. Ketua lazisnu Banyuwangi Irfan Affandi menjelaskan tentang perubahan beberapa nomenklatur yang menyangkut pengelolaan zakat. “Jika tahun kemarin ditingkat kecamatan disebut UPZ, sekarang disebut UPZIS. Hal ini untuk membedakan nama dengan unitnya Baznas. Perbedaan ini diharuskan karena diatur dalam undang-undang,” tutur Irfan di hadapan para peserta Rakor.

Pada kesempatan Rakor tersebut, Lazisnu Banyuwangi juga menyiapkan para pengumpul zakat, infaq dan shadaqah hingga tingkat ranting. Masing-masing UPZIS tingkat MWC / Kecamatan menyetorkan nama-nama pengelola UPZIS di masing-masing rantingnya. “Ada sekitar 547 ranting NU di seluruh Banyuwangi. Berarti ada 547 UPZIS tingkat Ranting pula yang kami siapkan di 24 UPZIS tingkat kecamatan,” papar Irfan.

Para UPZIS tersebut juga dilengkapi dengan Surat Keputusan (SK) yang memberikan kewenangan kepada masing-masing UPZIS untuk mengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah di masing-masing tingkatannya. “Lazisnu telah mengantongi izin berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 255 Tahun 2016 tentang Lembaga Amil Zakat,” tegas Irfan.

Dalam kesempatan yang juga hadir para komisioner Baznas Banyuwangi itu, Irfan juga menegaskan bahwasannya warga nahdliyin sudah seharusnya membayar zakat melalui Lazisnu. “Wong NU kudune mbayar zakat, infaq, lan shadaqah lewat Lazisnu. Insyallah amanah dan sesuai dengan dakwah nahdliyin,” pungkas Irfan. (ayung)

Check Also

Ini Sebab Orang Tua Ahli Ibadah Masuk Neraka

Lombok Tengah, NUOB- Adalah sebuah kewajiban bagi muslim laki-laki dan perempuan untuk senantiasa menuntut ilmu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *