HSN: Ribuan Santri Memadati Stadion Brawijaya Purwoharjo

Purwoharjo, NUOB – Semarak Hari Santri Nasional terus digencarkan di berbagai daerah. Seperti di Kecamatan Purwoharjo, ribuan santri beserta ustadz-ustadzah se-Kecamatan Purwoharjo memadati Stadion Brawijaya Purwoharjo untuk melakukan Apel Hari Santri Nasional 22 Oktober 2017, Ahad (22/10) pagi.

Acara yang digelar oleh Majelis Musyawarah TPQ Kecamatan Purwoharjo, dilanjutkan dengan Kirab Hari Santri Nasional yang rutenya sampai ke Kantor MWC NU Purwoharjo yang berjarak 3 kilometer dari stadion.

Dihadiri juga oleh Forpimka Purwoharjo, MWC NU Purwoharjo, Ranting NU se-Kecamatan Purwoharjo beserta banom-banomnya, para santri begitu kreatif dalam mengkreasikan ide seninya dengan wujud bendera-bendera kecil dan ornamen-ornamen khas hari santri.

Disela-sela perjalanan, Ketua Muslimat NU Purwoharjo H. Muawanah Hadi turut bangga dengan adanya Hari santri. “Bangga dan senang adanya Kirab Santri ini, karena mereka adalah generasi penerus yang harus bisa menerukan perjuangan para pahlawan dulu, terutama pejuang Nahdlatul Ulama,” tutur H. Muawanah sambil tersenyum.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Muslimat NU Purwoharjo, Nur Hasanah juga mengartikan bahwa santri merupakan garda terdepan bangsa. “Santri sebagai pembentukan karakter danak bangsa agar mereka (santri) memiliki rasa bangga dalam memperjuangkan NKRI, tentunya menengok perjuangan pahlawan zaman dulu,” imbuh Nur kepada Kontributor NU Online Banyuwangi

Ditemui di rumah dinas yang tak jauh dari stadion, Camat Purwoharjo Drs. Ahmad Laini memaknai Hari Santri Nasional sebagai penyemangat bagi santri dan kita semua.

“Hari Santri Nasional 22 Oktober 2017 ini merupakan salah satu peringatan membangkitkan santri Indonesia untuk berjuang dan mengabdi demi bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia. Generasi penerus yang berpotensi ada dalam diri santri, maka dari itu, santri harus juga meningkatkan belajarnya untuk menjawab tantangan zaman yang semakin maju ini,” tambahnya.

Selanjutnya Laini berharap, agar santri era sekarang mampu memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dan negara sebagaimana yang dilakukan pendahulunya.

“Peran serta santri dalam menjaga keutuhan NKRI sangat diperlukan untuk meningkatkan, kehidupan bermasayarakat khususnysa di wilayah Kecamatan Purwohajo, Kabupaten Banyuwangi dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya. (ulil/aw/noe)

Check Also

LDKS: MTs Al-Huda, Bangorejo Bekali Siswanya dengan Skill Organisasi

Bangorejo, NUOB- Pelajar merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, oleh karena itu sekolah sebagai lembaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *