Hari Santri Momentum Tumbuhkan Karakter Moral Kesantrian

Pesanggaran, NUOB – Peringatan Hari Santri Nasional diselenggarakan oleh MWC NU Pesanggaran lewat apel yang bertempat di lapangan Desa Sumbermulyo, Pesanggaran (22/10) pagi.

Diikuti oleh ribuan warga Nahdliyin Pesanggaran, apel tersebut juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Pesanggaran dan banom-banom NU seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, IPNU, IPPNU serta Majelis Silatur Rohim TPQ se-Kecamatan Pesanggaran.

Dalam sambutan menjadi inspektur upacara, Ketua Tanfidziyah MWC NU Pesanggaran, Nasohah menyampaikan amanat Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj tentang momentum Hari Santri.

“Momentum Hari Santri ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit Hubbul Wathon Minal Iman perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalis agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme,” tambahnya

Selain itu ia juga menegaskan bahwa hubungan anatara agama dan negara tidak bisa dipisahkan namun juga tidak bisa dicampur aduk. Menurtnya mengutip kalimat Al-Ghazali, agama membutuhkan negara untuk melindungi keberlangsungan keghidupan antar umat agama, sementara negara butuh agama sebagai pondasi nilai-nilai moral.

Selanjutnya, Nasohah menyinggung mengenai refleksi Hari Santri Tahun ini, ia menyampaikan bahwa HSN bukan hanya sekedar peringatan ceremonial belaka namun yang terprnting bagaimana menghidupkan dan menumbuhkan etos moral kesederhanaan, asketisme dan spiritualisme yang melekat pada karakter santri.

”Santri harus siap mengemban amanah yaitu amanah kalimatul haq. Berani mengatakan “iya” terhadap kebenaran walaupun semua orang mengatakan “tidak” dan sanggup mengatakan “tidak” pada kebatilan walaupun semua orang mengatakan “iya”. Itulah karakter dasar santri yang bumi, langit dan gunung tidak berani memikulnya sebagaimana ditegaskan dalam al-Qur’an surat al-Ahzaab ayat 72,” pungkasnya.

 (aw/noe)

Check Also

LDKS: MTs Al-Huda, Bangorejo Bekali Siswanya dengan Skill Organisasi

Bangorejo, NUOB- Pelajar merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, oleh karena itu sekolah sebagai lembaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *