Ini yang dilakukan Nduk Nik saat Kunjungi Masyarakat Bangorejo

Bangorejo, NUOB- Dalam rangka sosialisasi program KKBPK melalui kegiatan komunikasi informasi dan edukasi tahun 2017, Dr. Hj. Nihayatul Wafiroh, MA anggota DPR RI komisi IX Dapil Jatim III menjelaskan tata cara mendidik anak dan menempatkan diri sebagai orang tua ideal.

Bertempat di Ponpes Hidayatul Mubtadin Sukorejo Kecamatan Bangorejo, kegiatan ini dihadiri oleh 200 lebih Kader NU dari berbagai unsur, diantaranya MWC beserta ranting NU, Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU-IPPNU serta masyarakat desa sukorejo dan sekitarnya, (20/10).

Dalam kesempatan ini Nihaya menyampaiakan bahwa keluarga merupakan wadah atau wahana pertama dalam upaya pendidikan karakter, oleh karena itu orang tua sebagai pengasuh bagi anak-anaknya harus memiliki bekal khusus, agar mampu menanamkan pendidikan karakter yang baik kepada anak-anaknya.

“Keluarga sebagai wahana utama dan pertama membangun karakter. Setidasknya ada 8 fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial pendidikan, ekonomi dan lingkungan.” ujar Nihaya.

Selain itu ada beberapa hal penting yang disampaikan Nduk Ni’ (sapaan akrab Nihaya) kepada audiens terkai hal-hal yang dihindari dalam keluarga atau yang akan berkeluarga. Dianataranya, Nikah Muda, Hamil dalam usia tua, serta jumlah kelahiran yang tidak terkontrol. Hal semacam ini akan berpengaruh terhadap kesejarteraan rumah tangga baik dari sisi psikologis, ekonomi, maupun kesehatan.

Sementara itu, M. Muhaji Iwan dari BKKBN Banyuwangi mengungkapkan, peluang kemajuan Indonesia dari berbagai aspek cukup besar. Iwan menyinggung dengan adanya bonus Demografi di Indonesia yang diperkirakan muncul tahun 2020-2030, dengan jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) yang mencapai sekitar 70 persen.

Namun Iwan mengingatkan bahwa bonus Demografi pada tahun 2030 akan menjadi sia-sia apabila orang tua tidak mampu mendidik anak-anak remajanya dengan pendidikan yang baik. Oleh karena itu Iwan berpesan kepada segenap peserta yang hadir agar dengan sungguh-sungguh dalam mendidik anak-anaknya dengan baik sehingga pada tahun 2030 nanti, Indonesia akan di isi oleh orang-orang produktif dan berkarakter. (yasin/noe)

Check Also

Ini Sebab Orang Tua Ahli Ibadah Masuk Neraka

Lombok Tengah, NUOB- Adalah sebuah kewajiban bagi muslim laki-laki dan perempuan untuk senantiasa menuntut ilmu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *