Direktur NU Online Savic Ali (ke tiga dari kiri) bersama Tim Redaksi NU Online Banyuwangi, usai diskusi santai.

Direktur NU Online Pusat Berkunjung ke Ruang Redaksi NUOB

Banyuwangi, NUOB- Nu Online Banyuwangi kedatangan tamu spesial, Rabu (13/11) malam, Savic Ali Direktur NU Online pusat mengunjungi ruang redaksi NUOB yang berada di lantai 2 kantor PCNU Banyuwangi.

Kegiatan ini merupakan agenda santai yang diakadakan NU Online Banyuwangi untuk sekedar sharing hal-hal terkait peranan dan pengeloaan media. Deselingi dengan beberapa cangkir kopi, Tim Redaksi NU Online Banyuwangi tidak segan untuk menanyakan masalah-masalah dalam pengelolaan media kepada Direktur NU Online pusat.

Anang Lukman Afandi, Direktur NU Online Banyuwangi mengwali pembicaraan dengan menyinggung posisi NU Online pusat saat menghadapi Muktamar, ataupun Konferensi. Tentu ini menjadi problem tersendiri, mengingat pada tahun 2018 PCNU Banyuwangi akan melaksanakan Konferensi Cabang. Menurutnya hal ini terlihat mudah, namun jika salah langkah juga akan berbahaya.

Menanggapi pertanyaan tersebut Savik Ali menegaskan bahwa posisi NU Online atau Banyuwangi NU Online yang jelas tidak memiliki hubungan secara struktural NU. Dengan itu NU Online harus berada dalam posisi netral, bahkan harus menjadi “security” untuk menghadang kemungkinan masuknya kepentingan politik dalam Kofercab. Savic juga menambahkan bahwa siapapun yang menjadi pengurus NU, media NU Online akan tetap sama.

”NU Online baik di pusat maupun di daerah tidak punya bubungan struktural dengan NU, oleh karena itu dalam Konfercab nanti kita harus netral. Bahkan kita harus menjadi “security” untuk mencegah masuknya kepentingan politik yang merusak,” ungkap Savik.

Selanjutnya diskusi bergeser pada masalah pengelolaan konten, Savik menjelasakan bahwa NU Online Banyuwangi harus menjadi media rujukan bukan hanya pada konten pemberitaan, namun kita harus siapkan referensi untuk pembahasan hukum-hukum fiqih, atau memperkuat konten-konten bacaan ilmiah yang bisa dijadikan rujukan akademik.

”Dalam hal ini kita harus memiliki brand khusus, harus ada segmentasi konten yang kita perkuat. Jika kita hanya mengandalkan berita, kita akan kalah dengn media-media online profesinal lainya. Oleh karena itu NU Online Banyuwangi harus lebih memperkuat hal lain selain itu,” imbuh Savic.

Savic juga memberikan apresiasi kepada NU Online Banyuwangi yang telah meluncurkan Radio NU Online Banyuwangi, yang  program-program dengan segmentasi generasi melenial. Savic juga berpesan kunci sukses dalam mengelola media adalah kesabaran, inovasi dan istiqomah. (noe)

 

Check Also

Ini Sebab Orang Tua Ahli Ibadah Masuk Neraka

Lombok Tengah, NUOB- Adalah sebuah kewajiban bagi muslim laki-laki dan perempuan untuk senantiasa menuntut ilmu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *