Bupati Abdullah Azwar Anas dan KH. Masykur Ali

Jelang Konfercab, Bupati Anas Ajak NU Terus Bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi, NUOB – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyempatkan diri untuk hadir dalam rapat pleno Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi di Kantor PCNU Banyuwangi, Senin (8/1). Pleno yang membahas tentang persiapan Konferensi Cabang (Konfercab) itu, Anas mengajak NU Banyuwangi untuk terus bersinergi dengan Pemda Banyuwangi.

“Saat ini eranya bersinergi. Untuk itu, sinergi yang selama ini telah terbangun baik antara NU dengan Pemkab Banyuwangi harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Anas.

Sinergitas tersebut, pinta Anas, digenjot dalam pemberdayaan ekonomi. Ia meminta pengurus NU ditingkat kecamatan, bisa berkolaborasi dengan berbagai usaha unggulan yang telah berkembang di masing-masing kecamatan. Selain lebih efektif, hal tersebut juga lebih mudah untuk diaplikasikan.

“Misalnya MWC NU Songgon, bisa dengan peternak lele yang telah berkembang. Begitu juga dengan MWC NU Singojuruh bisa berkolaborasi dengan petani beras organik,” saran Anas.

Kiri-Kanan: Sekretaris PCNU Banyuwangi Guntur Al-Badri, Rois Syuriah KH. Hisyam Syafaat, Bupati Abdullah Azwar Anas, dan Ketua PCNU Banyuwangi KH. Masykur Ali.

Lebih lanjut, Anas juga mengajak NU untuk memanfaatkan program-program pemberdayaan ekonomi yang ada di Pemda Banyuwangi. Seperti halnya berbagai program pelatihan soft skill maupun kewirausahaan yang mencapai 400-an paket pelatihan.

“Siapapun yang terpilih menjadi ketua dalam konfercab besok, saya berharap sinergitas ini tetap terjaga. Karena program-program pemberdayaan ini, adalah program untuk rakyat,” pintanya.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi KH. Masykur Ali menyambut baik ajakan tersebut. “Sektor pemberdayaan ekonomi memang menjadi perhatian kerja NU. Tawaran bupati ini, kita sambut dengan terbuka dan akan kita masukkan dalam agenda utama konfercab besok,” terangnya.

Kiai Masykur juga menyambut baik silaturahmi Bupati Anas. Hal ini, sebagai bentuk tanggung jawab Anas kepada warga NU di tengah isu miring yang sedang menimpanya dalam beberapa hari terakhir. “Kami kenal betul dengan Bupati Anas. Jadi, kami warga NU tak mudah terprovokasi hanya dengan isu-isu murahan seperti itu,” tegasnya.

Dalam rapat pleno tersebut, dihadiri Rois Syuriah PCNU Banyuwangi KH. Hisyam Syafaat. Selain itu juga dihadiri oleh jajaran Pengurus PCNU, Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah MWC NU se-Banyuwangi, serta lembaga dan badan otonom di tingakat cabang.  (ay)

Comments

comments

Check Also

Mendag Gandeng NU Kembangkan Ritel Keumatan

Banyuwangi, NUOB- Menteri Perdagangan RI Enggartistasto Lukita menyempatkan diri untuk bertemu dengan Pengurus Cabang Nahdlatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *