Rapat Pleno Persiapan Konfercab NU Banyuwangi

Konfercab NU Banyuwangi Bakal di Gelar April

Banyuwangi, NUOB – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Banyuwangi di bawah kepemimpinan Rois Syuriah KH. Hisyam Syafaat dan Ketua Tanfidziyah KH. Masykur Ali masa khidmatnya bakal berakhir pada tahun ini. Setelah lima tahun berlalu, duet kepemimpinan NU bakal ditentukan kembali dalam konferensi cabang (Konfercab).

Untuk menentukan pelaksanaan tersebut, PCNU Banyuwangi menggelar rapat pleno yang dihadiri oleh pengurus cabang, lembaga, dan badan otonom di tingkat cabang, serta rois syuriah dan ketua tanfidziyah MWC NU se-Banyuwangi, di Aula Kantor PCNU Banyuwangi, Senin (8/1). Dalam penentuan waktu tersebut, sempat terjadi dua pendapat yang sempat dikemukakan. Pendapat pertama menghendaki pelaksanaan konfercab digelar setelah pelaksanaan Pilkada Jawa Timur yang dijadwalkan pada Juli 2018.

“Hal ini untuk menjaga agar tensi Pilkada yang seringkali membuat panas masyarakat akar rumput tidak berimbas pada pelaksanaan konfercab,” demikian alasan yang dikemukakan oleh Ketua Lembaga Takmir Masjid PCNU Banyuwangi Misbahul Huda.

Selain itu, juga cukup banyak pendapat yang mengusulkan pelaksanaan konfercab dilaksanakan tepat waktu sebagaimana yang tertera pada surat keputusan kepengurusan PCNU Banyuwangi yang dikeluarkan oleh PBNU, yakni April. Ketaatan pada aturan organisasi dan memandang ketegangan Pilkada tidak akan banyak berpengaruh pada konfercab menjadi alasannya.

“Saya kira ini penting untuk memberikan pendidikan organisasi kepada pengurus NU lainnya, untuk bisa melaksanakan organisasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, kekhawatiran tentang pengaruh Pilkada, kami kira tidak akan berdampak banyak pada konfercab kali ini,” ujar Ketua MWC NU Blimbingsari H. Taufiq.

Berdasarkan masukan dari MWC NU, Lembaga dan Badan Otonom tersebut, rapat pleno memutuskan pelaksanaan Konfercab akan digelar pada April. Sedangkan untuk tanggal pasti pelaksanaanya sendiri, PCNU Banyuwangi akan menggelar rapat harian untuk menentukannya. “Kita akan menggelar rapat lagi untuk menentukan tanggalnya sekaligus menyusun kepanitiannya,” ungkap Sekretaris PCNU Banyuwangi Guntur Al-Badri seusai memimpin pleno.

Sedangkan untuk tempat pelaksanaannya, Guntur menambahkan, akan juga ditentukan pada rapat berikutnya dengan pengurus harian. “Kemungkinan besar akan diselenggarakan di Pesantren Ibnu Sina. Tapi, untuk kepastiannya, kita tunggu hasil rapat harian,” pungkasnya. (ay)

Comments

comments

Check Also

Kopdar Ngaji Ihya’ Didominasi Kaum Muda

Banyuwangi, NUOB- Ulil Abshar Abdalalla salah seorang Intelektual Muslim Muda Indonesia menggelar Kopi Darat (Kopdar) Ngaji …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *