Ingin Dilapangkan Rezeki, Amalkan Do’a Ini di Jum’at Akhir Rajab

NUOB – Di dalam perjalanan hidup kita, ibarat roda yang berputar, terkadang kita berada di atas dan suatu ketika kita berada di bawah. Bila sedang berada di atas segala sesuatu terlihat “indah”, rejeki terasa melimpah dan mudah, tetapi kondisi ini seringkali membuat orang “lupa” bahwa suatu ketika akan datang masa “sulit”. Dan ketika kita berada di bawah, segala sesuatu terlihat “gelap”, rejeki terasa sedikit dan sulit. Tentunya bagi seorang muslim yg baik apabila rejeki terasa melimpah maka dia akan banyak bersyukur kepada Allah swt dan apabila rejeki terasa sempit maka dia akan bersabar di dalam berusaha.
Para ulama kita menyadari betul tentang kondisi di atas, oleh karenanya mereka seringkali menganjurkan untuk memperbanyak berdoa memohon kelapangan rejeki yang yang halal dan berkah kepada Allah swt yang maha kaya. Di dalam Islam, ada banyak sekali doa yg berfaedah untuk memudahkan kita menjalani kehidupan di dunia ini, rejeki yang halal dan berkah itu datangnya dari Allah swt. maka dari itu mintalah hanya kepada-Nya tidak kepada kuburan,dukun atau syetan.
Berikut ini saya tuliskan doa singkat yang diwariskan oleh para ulama shalih terpercaya, yang bermanfaat untuk memudahkan rejeki kita, doa itu adalah.
Doa pertama,

Allahumma inni as-aluka min fadhlika, fa innahu la’ yamlikuhu illa anta.

Artinya : “Ya Allah,sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu, karena yang memiliki karunia itu hanyalah Engkau.”

Doa ini terdapat di dalam kitab ‘Amal Al yawm wa Al Laylah yang disusun oleh Habib Hasan bin Abdullah bin Umar Asy-Syathiri. Disebutkan di dalam kitab tersebut barang siapa yang merasa rejekinya terasa sulit, hendaklah berdoa dengan doa  di atas. Doa tersebut dapat diucapkan kapan saja dan di mana saja, asalkan di tempat yang baik. akan lebih baik lagi apabila dijadikan salah satu doa yang rutin dibaca setelah selesai shalat fardhu.
Doa ke-dua
Ahmadu rasulullah Muhammadur rasulullah
Artinya : “Ahmad* adalah utusan Allah, Muhammad adalah utusan Allah”
Disebutkan, barang siapa membaca doa ini sebanyak 35 kali pada Jumat terakhir di bulan Rajab ketika khatib berada di atas mimbar, tentunya sambil tetap memperhatikan atau menyimak khutbahnya khatib. Insyaallah di tahun itu uang tak akan terputus dari tangannya.
Doa ke-tiga
Bismillahi’ala nafsii wa maali wa diinii. Allahumma rodhdhinii biqodhoo-ika wa barik lii fiima quddira lii hatta laa uhibba ta’jiila maa akhkhorta wa ta’khiiro maa ‘ajjalta.
Artinya : “Dengan nama Allah, untuk diriku,hartaku,dan agamaku. Wahai Tuhanku,berikanlah kepadaku keridhaan atas ketetapan-Mu dan berkahilah segala yang diberikan kepadaku supaya aku tidak suka mencepatkan yang emgkau lambatkan dan tidak suka melambatkan apa yang Engkau cepatkan.”
Menurut Ibnu Sunni, Nabi saw bersabda,”Barang siapa mengalami kesukaran penghidupan, hendaklah ia membaca dzikir ini setiap keluar dari rumahnya.” (Al-Adzkar :57).
Tulisan ini hanyalah memuat sedikit dari sekian banyaknya doa yang berkaitan dengan kelancaran rejeki kita, rejeki atau seringkali di nyatakan sebagai harta adalah sarana kita beribadah kepada Allah swt.Bukan sebaliknya, limpahan rejeki dari Allah swt justeru merupakan adzab yang menjauhkan kita dari Allah swt. Seorang muslim adalah sebaik-baik hamba, apabila dia memperoleh kebaikan maka dia bersyukur dan apabila dia memperoleh keburukan maka dia akan bersabar.
(NUOB/diambil dari berbagai Sumber)

Comments

comments

Check Also

Puasa Bulan Rajab, Apa Dalil Amaliyahnya?

Mari kita perhatikan beberapa dalil hadis berikut ini: Pertama hadis Usamah bin Zaid, ia bertanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *