Wujudkan Kemandirian Organisasi, MWC NU Wongsorejo Dirikan BMT NU

Banyuwangi, NUOB – Terlalu banyak program bertajuk kemandirian organisasi NU hanya berhenti dalam sebuah gagasan tanpa teraplikasi. Hari ini MWC NU Wongsorejo benar-benar mengaplikasikan program kemandirian organisasi, dengan mendirikan dan sekaligus meresmikan Baitul Mal wa Tamwil (BMT) NU Cabang Wongsorejo. Rabu (18/04) pagi. Di kantor BMT setempat, Desa Sidodadi, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Ketua MWCNU Wongsorejo, A. Holili, menjelaskan, adanya BMT ini adalah program nyata untuk mewujudkan cita-cita kemandirian organisasi. Pasalnya, program kemandirian ini banyak terhenti dalam gagasan saja. Nihil dalam aplikasi. “Dengan adanya BMT ini pula dapat meminimalisir menjamurnya para rentenir dewasa ini, yang menjadi jurang permasalahan kesejahteraan ummat,” tegas Kholili.

Dalam teknisnya nanti, calon pengelola BMT NU Wongsorejo ini diprioritaskan kader-kader NU serta badan otonomnya. Sebelum benar-benar menjadi pengurus, harus melalui proses Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) selama satu bulan di Asembagus. Selanjutnya, magang selama satu minggu di Madura.

“Hal ini dibutuhkan untuk penjaminan dalam kinerja pengelolaan. Untuk meningkatkan profesionalitas operasional simpan pinjam,” tegas Holili.

Ia berharap, dengan adanya BMT NU Wongsorejo ini, menjadi embrio munculnya BMT di kecamatan lain. “Kami membuka pintu yang selebar-lebarnya untuk saling belajar dan mengisi, jika MWC lain berkenan ingin mendirikan. Siap untuk sharing untuk kemajuan organisasi,” ujar Holili.

Dalam peresmian ini juga turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono beserta jajarannya.

Alief – sapaan Alief Rachman Kartiono mengapresiasi atas inisiasi pendirian BMT NU ini, khususnya di Kecamatan Wongsorejo.

“Semoga dengan langkah ini turut andil mensejahterahkan perekonomian warga Wongsorejo khususnya. Karena kesejahteraan merupakan kunci kemajuan daerah,” harap Alief.

Kegiatan peresmian ini juga dihadiri oleh Camat Wongsorejo, Pengurus MWC NU setempat, dan badan otonomnya. Acara ini juga dilangsungkan pemotongan pita sebagai simbolis pembuka peresmian operasional. (M. Sholeh Kurniawan / Ibnu)

Comments

comments

Check Also

Mendag Gandeng NU Kembangkan Ritel Keumatan

Banyuwangi, NUOB- Menteri Perdagangan RI Enggartistasto Lukita menyempatkan diri untuk bertemu dengan Pengurus Cabang Nahdlatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *