Daya Tarik Pameran Sejarah Komunitas Pegon

Genteng, NUOB- Ada pemandangan berbeda pada gelaran konfercab tahun ini. Jika tahun-tahun sebelumnya kegiatan konfercab hanya bekutat pada proses persidangan dan loby-loby saja, kali ini Panitia juga menggelar berbagai kegiatan di sekitar lokasi konfercab. Kegiatan tersebut diantaranya, Bedah Buku Sejarah NU Banyuwangi, Bazar, dan Pameran dari Komunitas Pegon yang memamerkan arsip dan jejak sejarah Nahdlatul Ulama Banyuwangi.

Komunitas Pegon merupakan salah satu Komunitas yang digawangi oleh anak-anak muda NU dibawah Pimpinan Ayunk Notonegoro. Komunitas ini berdiri bermula dari tugas penilitian dari PCNU Banyuwangi untuk menyusun Buku Sejarah NU Banyuwangi. Pasca itu Ayunk sebagai kordinator penulisan memiliki inisiatif untuk melanjutkan penelusuran arsip-arsip sejarah dengan mendirikan komunitas pegon.

Selama satu tahun berdiri, dengan berbagai arsip dan kitab-kitab kuno yang telah ditemukan akhirnya mereka memiliki keinginan untuk memamerkanya di lokasi konfercab PCNU di SMK IBNU SINA Genteng Banyuwangi.

Arsip-arsip dan koleksi kitab kuno tersebut disusun dan ditata dengan rapi, selain itu Komunitas Pegon juga menyediakan dua orang Guide memberikan informasi lebih banyak kepada saetiap  pengunjung yang menanyakan sesutu terkait arsip atau foto yang diatampilkan.

Hal baru, dengan tatanan menarik ditambah dengan keramahan para Guide, tidak menunggu lama  pameran komunitas pegon diserbu oleh peserta konfercab. Pengunjung yang hadir kebanyakan mengambil foto atau berdiskusi  ringan dengan para pegiat.

Kiai Fathur Rozak Rois Syuriah MWC NU Rogojampi yang menjadi psalah satu pengunjung, memberikan apresiasi kepada segenap pegiat komunitas pegon. Menurutnya Dokumntasi arsip lama bisa digunakan oleh generasi muda sebagai referensi sekaligus suri tauladan dari para ulama terdahulu.

”Hal semacam ini harus dilanjutkan, agar sejarah tidask terputus. Darisini para generasi muda NU akan bisa belajar dari apa yang telah dilakukan oleh para pendahulunya” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Alfiyah Rogojampi tersebut. (Noe)

Comments

comments

Check Also

Pintu Masuk Menuju Lokasi Pemlihan Ketua, Dijaga Ketat

Genteng, NUOB- Menjelang sidang pemilihan Ketua Tanfizdiziah, Pintu Masuk meuju lokasi sidang dijaga ketat. Puluhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *