Ini Tugas Ketua PCNU Kepada NUOB

Banyuwangi, NUOB- Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama masa khidmat 2018-2023 ingin bergerak cepat. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tanfidziah terpilih saat kunjungan silaturahmi NU Online Banyuwangi di kediamanya, Jum’at (27/04) malam.

Dalam pertemuan tersebut, KH. Ali Makki Zaini menyampaikan beberapa program prioritas yang akan dijalankan selama era kepengurasanya. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi sabagai penopang program-program PCNU. Menurutnya Nahdlatul Ulama sebagai sebuah organisasi tidak bisa menolak keadaan akan tetapi NU harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Gus Makki melihat ada banyak generasi muda NU yang mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan umum terutama di wilayah perkotaan masih gagap bahkan ragu untuk bergabung dengan organisasi NU atau Banomnya. Kebanyakan mereka masih menganggap bahwa NU merupakan organisasi keagamaan yang hanya di isi oleh Kiai dan Kalangan Santri saja. Oleh karena itu ia menginginkan adanya aplikasi khusus dimana mereka bisa mendaftar sebagai anggota NU atau bergabung dengan salah satu Banomnya dan masuk di database online.

“Saya ingin nanti ada aplikasi khusus, dimana setiap orang bisa mendaftar sebagai anggota cukup dengan measukkan data melalui aplikasi, tanpa harus menunggu ada fotoan kartanu,” ungkap Gus Makki.

Lebih lanjut Gus Makki menjelskan bahwa nanti bisa ditindaklanjuti untuk mengikuti proses kaderisasi formal jika itu masuk pada Banom yang mengharuskan adanya pelatihan kaderisasi awal. Menurutnya hal ini akan lebih efektif ketimbang melakukan rekrutmen secara konvensional terutama di daerah perkotaan.

Selanjutnya, Gus Makki juga mengatakan NU juga harus aktif di media sosial. Keaktifan ini bukan hanya aktif sepihak akan tetapi media sosial yang dimaksud adalah media yang bisa melayani pertanyaan-pertanyaan warga Nahdlyin seputar problem keagamaan di Masyarakat.

“Medsos ini nanti bukan hanya satu arah saja, tapi nanti kita bikin forum yang kita beri nama Warga Bertanya, PCNU Menjawab,” ungkapnya.

Selain itu Ketua Tanfidziah terpilih juga menginkan adanya aplikasi khusus yang bisa untuk mengakses keuangan PCNU, sehingga masyarkat bisa mengakses secara langsung pengeluaran dan pemasukan PCNU, serta memaksimalkan program SIDANU yang telah beroprasi.

“Masyarakat nanti sudah bisa mengawasi secara langsung keuangan PCNU melalui aplikasi ini. Tentu untuk menyelasaikan itu semua butuh kekompakan. Kalo pendanaan dan lain-lain, itu nanti urusan saya” pungkas Gus Makki.

Beberapa program tersebut nantinya akan dimadatkan kepada NU Online Banyuwangi . Ia berharap NU Online bisa menyelesaikan segala kebutuhan itu sebelum pelantikan. (Noe)

 

 

Comments

comments

Check Also

Sempat akan Bubar, Kini jadi Icon

Bamyuwangi, NUOB- Kajian Kitab Kuning dengan metode Bandongan, dimana beberapa santri menyimak pembacaan dan keterangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *