Hukum Suntik Saat Sedang Puasa?

Bagaimana hukum suntik pada saat puasa Apakah suntik juga dikatagorikan membatalkan puasa di bulan ramadhan?  Sedangkan para ulama dan para pakar kontennporer masih memperdebatkan persoalan ini, tidak sedikit orang sakit pada bulan puasa yg datang kerumah sakit untuk bersuntik bahkan dia tetap berpuasa untuk memenuhi kewajibannya.

Mohon pencerahannya. Karena tidak sedikit para ulama dan kontennporer yg bersikukuh terhadap pendapatnya akhirnya masih belum ada jawaban yg bisa dijadikan patokan. Sekian dan trima kasih. (ANSARI)

__________________

JAWABAN : 

Salam damai dan Silaturahim, Berpuasa adalah kewajiban bagi yg sudah memenuhi sarat unt berpuasa. Nah puasa kita itu bisa batal karna beberapa hal, diantaranya di sebabkan oleh masuknya benda benda misalnya makanan dan minuman begitu juga benda benda lain ke dalam tubuh, TETAPI Membatalkan nya itu saratnya masuk lewat lobang yg biasa di lewati seperti lewat mulut Lewat dubur lewat telinga, Kalau masuknya tidak lewat jalan yg biasa seperti masuk lewat PORI PORI seperti di injek atau infus maka tidak membatalkan puasa

Demikian keterangan yang ada di kitab al baajuri syarah fathul qorib. Wallohu A’lam Bisshowab.

(PCNU Banyuwangi)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *