Home Berita Aktual 30.000 Santri Ikuti Jalan Sehat Sarungan​

30.000 Santri Ikuti Jalan Sehat Sarungan​

18
0

​Genteng, NUOB – Jalan Sehat identik dengan pakaian olahraga, celana training, Tshirt dan bersepatu. Namun berbeda dengan gelaran kali ini, seluruh peserta laki-laki memakai sarung sedangkan berbusana muslim ala santri.

Acara ini memang di rancang demikian, karena ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan RMI NU Banyuwangi, Sabtu (21/10).

”Sarung dan peci merupakan identitas yang tidak dipisahkan dari santri, oleh karena dalam kegiatan ini segala sesuatunya khas dengan santri, ” ujar KH. Ahmad Munib Syafa’at Penanggung Jawab acara.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan luar biasa dari pondok pesantren dan sekolah di Seluruh Kabupaten Banyuwangi. Hal itu dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai 20.000 orang, ditamabah 25 group marching Band semakin membuat seasana jalan sehat lebih meriah.

Start dari Gedung Bulog, Peserta bergerak ke arah selatan menuju pasar Genteng dan Finish di RTH Maron. Dengan di iringi orasi sejarah perjuangan kaum santri ala bung Tomo dari Panitia, membuat suasana layaknya Surabaya tahun 45.

Soleh Pratama salah seorang peserta dari Pondok Pesantren Darussalam menyampaikan, ada kebahagiaan sekaligus kebanggan mengikuti kegiatan ini. Soleh mengaku merinding ketika mendengarkan orasi tentang sejarah peejuangan kaum santri di era kemeedekaan.

“Saya bangga menjadi bagian dari santri, salah satu komunitas yang pernanorehkan tinta sejarah perjuanagan di negeri ini,” Ujar Soleh dengan Nada haru.

Soleh juga berharap, semoga kaum santri yang ada hari ini mampu menuliskan sejarahnya sendiri dengan segala tantangan yang ada di masa kini.

”Hari ini santri harus mampu membuat sejarahnya sendiri dengan tantangan yang ada sekarang tentunya. Semoga kita bisa menjadi bagian dari itu,” pungkas Soleh.

Agenda Jalan Sehat Sarungan Ala Santri Ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh PC RMI NU Banyuwangi yang disuport langsung oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (noe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here