46 Yatim di Pakis dan Srono, Mendapat Berkah Gerakan Koin NU

Bulan Februari, Unit Pengelola Zakat Infak Shodaqoh (UPZIS) LAZISNU Ranting Pakis menyalurkan bantuan pendidikan kepada 31 anak yatim di wilayahnya. Ada hal baik yang patut dicontoh oleh UPZIS di wilayah lain, yakni penggerak zakat di wilayah Pakis datang langsung door to door dalam memberikan bantuan pendidikan tersebut.

Bendhahara UPZIS – LAZISNU Pakis H. Imam Sadali menuturkan bahwa uang saku yang diberikan betujuan agar mereka tetap bersemangat dan punya motivasi tinggi untuk terus bersekolah. Pasalnya, setelah ditinggal orang tuanya, tentu beban yang mereka tanggung semakin berat.

Lebih lanjut, Imam Sadali menjelaskan bahwa UPZIS – LAZISNU Pakis memang menyelenggarakannya setiap bulan. Santunan diserahkan langsung, terkadang juga dititipkan kepada walinya karena di antara anak-anak yatim binaan LAZISNU Pakis ada yang mondok di beberapa pesantren di Banyuwangi.

“Sudah enam bulan ini kami berusaha sedikit meringankan beban mereka, meskipun tidak banyak tapi mudah-mudahan terus istiqomah kita lakukan. Yang tidak kalah pentingnya, kami berharap agar dengan bantuan yang diberikan, masyarakat benar-benar merasa ada NU di tengah-tengah mereka,” ujar pria yang sudah puluhan tahun mengabdikan dirinya di NU Pakis ini.

Tim Penarik Gerakan Koin Ustadzah Nurul Suwayah megungkapkan bahwa warga NU di Pakis cukup solid. Tak ayal, kegiatan seperti ini bisa berjalan lancar.

“Kami merasa sangat bahagia dapat melihat senyum anak-anak yatim, walaupun mungkin sedikit lelah, tapi mudah-mudahan gerakann kita ini mendapat ridho dari Allah SWT,” terangnya.

Selama proses enam bulan berjalan, UPZIS – LAZISNU Pakis diperkirakan sudah menyalurkan bantuan kurang lebih Rp. 18juta untuk membantu anak-anak yatim piatu.

Sementara itu, UPZIS LAZISNU Srono juga terus bergerak, di acara istighotsah rutin Malam Senin Kliwon memberikan santunan kepada 15 anak yatim piatu, Minggu (3/2) lalu.

“Kegiatan seperti memang rutin dilakukan, kalau di Srono biasanya setiap malam Senin Kliwon dan Ahad Legi pagi. Itu sudah menjadi keharusan,” terang penggerak Zakat NU Srono, Mohamad Usman Jahit.(*)

Comments

comments

Check Also

Ketua Umum PBNU Akan Buka MKNU Akbar PCNU Banyuwangi, Besok

Banyuwangi, NUOB – PCNU Banyuwangi siap menggelar Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) besok Jum’at-Ahad, 13-15 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *