Home / Kabar Nahdliyin / Abdul Ghoni : Dakwah itu Mengajak, Bukan Memaksakan Kehendak

Abdul Ghoni : Dakwah itu Mengajak, Bukan Memaksakan Kehendak

Abdul Ghoni : Manusia tugasnya hanya mengajak, bukan memaksakan kehendak.

Muncar – manusia tugasnya hanya mengajak kepada kebaikan, bukan memaksakan kehendak kepada orang lain. Tutur Abdul Ghoni, orang yang didapuk sebagai pengisi mauidhotul hasanah pada acara dzikir dan shalawat Hadil Amin, Dusun Sukosari, Desa Blambangan, Kecamatan Muncar (9/8) Malam.

“Muqollibal qulub, itu hanya ranahnya Allah. Jadi, manusia hanya sebatas mengajak saja, jangan memaksa. Urusan hatinya ikut atau tidak oleh ajakanmu, serahkan semua kepada Allah,” katanya, kepada ratusan jamaah yang hadir.

Jangankan kita, nabi saja tidak bisa memaksa hidayahnya Allah untuk turun kepada paman tercintanya Abu Thalib, sambungnya, hanya Allah lah yang berkuasa akan hal itu. Orang sekeras Umar bin Khattab dapat luluh dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an. mengapa demikian?, Karna Allah sudah memberikan hidahnya kepada Umar bin Khattab.

“Alam dunia itu ya seperti ini. Ada yang baik dan juga pasti ada yang buruk. Tak bisa dipaksakan baik semua, karna itu sunnatullah,” kata mbah dul, panggilan akrabnya.

Ia memperingatkan jangan suka membenci orang yang berbuat jelek, karna hakikat hidayah itu dari Allah. Jangan memandang orang semasa hidupnya saja, karna yang menentukan adalah akhir dari hidupnya.

“Dalam pandangan Allah, manusia di dunia itu semua sama, tanpa ada perbedaan. Yang membedakan manusia hanyalah ketaqwaannya.” tegasnya, da’i asal Tambakrejo itu.

Kegiatan ini tak hanya dzikir dan shalawat saja, melainkan juga ada prosesi pentashorufan kepada dua anak yatim dan dua duafa yang dilakukan oleh Ranting ANSOR Sukosari yang bekerja sama dengan LAZISNU Muncar.

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

PAC IPNU IPPNU Muncar Gelar Pengajian Aswaja

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Muncar menggelar kegiatan pengajian Aswaja di dusun Sukosari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *