Home / Berita Aktual / Antisipasi Virus Corona, PCNU Serukan Perbanyak Zikir dan Selawat Tibbil Qulub

Antisipasi Virus Corona, PCNU Serukan Perbanyak Zikir dan Selawat Tibbil Qulub

BANYUWANGI, NUOB– Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi mengimbau warga nahdliyin untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat serta memperbanyak bacaan zikir hingga selawat Tibbil Qulub untuk mengantisipasi covid 19 atau virus corona.

Imbauan tersebut merupakan instruksi langsung dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kepada semua pengurus wilayah, cabang, lembaga, badan otonom dan pesantren di seluruh Indonesia.

Secara lengkap terkait perkembangan virus Covid-19 ini, PCNU Banyuwangi juga telah mengumpulkan seluruh lembaga dan badan otonom (Banom) serta dokter Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Banyuwangi membahas khusus pencegahan dan penanganan dampak virus corona tersebut.

Sekretaris PCNU Banyuwangi, Syaifuddin Zuhri mengatakan, dari pertemuan ada beberapa rekomendasi yang akan langsung ditindaklanjuti oleh seluruh lembaga dan badan otonom NU mulai dari tingkat cabang, majelis wakil cabang (MWC), hingga ke tingkat ranting.

Beberapa rekomendasi itu diantaranya agar masyarakat membiasakan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup mulut saat batuk dan bersin, sering-sering mencuci tangan pakai sabun atau pakai anti septic sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah aktivitas, setelah kontak dengan orang yang sakit, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersentuhan dengan hewan atau kotoran.

Tidak terlalu sering mengusap bagian wajah; menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, jika anggota keluarga yang terserang influenza; dan memperbanyak zikir atau do’a seperti yang diijazahkan oleh para ulama’ serta membiasakan dawamul wudlu’.

Menurut Gus Udin panggilan akrab Syaifuddin Zuhri, teknis pencegahan dan antisipasi virus corona di masyarakat yakni mengedukasi masyarakat melalui website resmi PCNU, media social, dan media mainstream tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona.

“Kita juga akan ikut mensosialisasikan kepada lembaga pendidikan sekolah dan pesantren serta lembaga-lembaga NU tentang langkah antisipasi pencegahan virus ini, agar tidak menimbulkan kepanikan yang berlebihan,” jelas Pengasuh pondok pesanren Nurul Huda, Sumbergondo Glenmore ini.

Tidak kalah penting, lanjut Gus Udin munculnya virus corona merupakan musibah dari Yang Maha Kuasa. Dengan demikian, dia mengajak warga untuk memperbanyak zikir dan doa seperti yang di ijazahkan oleh para ulama’, membiasakan dawamul wudlu’ (menjaga wudlu dalam keadaan suci), serta mengumandangkan puji-pujian sholawat Tibbil Qulub setelah adzan sholat fardlu.

“Kami kirimkan surat instruksi kepada pengurus MWC sampai ranting tentang doa yang diijazahkan kiai dan bacaan doa setelah salat fardlu. Masyarakat tidak perlu panik, ini semua musibah dari Yang Maha Kuasa. Kita perbanyak doa saja untuk keselamatan Indonesia umumnya dan Banyuwangi pada khususnya,” tandas pria alumni PP Darussalam Blokagung ini. (Dedy/Sholeh)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cegah Corona, Ansor-Banser Kecamatan Banyuwangi Semprot Disinfektan Puluhan Masjid hingga Destinasi Wisata

BANYUWANGI – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *