Awali Ramadhan, PAC IPNU IPPNU Muncar Ziarahi Makam Ulama

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Muncar adakan ziarah ke beberapa makam ulama yang ada di Kecamatan Muncar, Ahad (05/05) sore.

Agenda yang dilakukan oleh pengurus harian dan anggota PAC IPNU IPPNU Muncar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini dimulai dengan menziarahi makam Mbah Yai Raden Darissalam Tapanrejo. Setelah itu, menuju ke makam Mbah Yai Askandar pendiri Ponpes Manbaul Ulum Wringinputih Kecamatan Muncar dan berakhir di Makam Mbah Yai Abdul Mannan pendiri Ponpes Minhajut Tullab Wringinputih Kecamatan Muncar.

Ketua PAC IPNU Muncar Muhammad Mashudi menjelaskan bahwa dengan menziarahi makam para ulama, akan mengingatkan kita akan betapa besarnya jasa para ulama dalam menyebarkan islam di bumi Blambangan ini.

“Kegiatan seperti ini juga menjadi media komunikasi kita dengan para pejuang pendahulu untuk saling mendo’akan” terangnya pada NU Online di makam Mbah Yai Raden Darissalam.

“Juga pentingnya berziarah adalah mengingatkan kita akan kematian, bahwa setiap manusia akan menemui yang namanya mati, jadi kita haruslah bersiap-siap untuk itu,” tambah Hudi panggilan karibnya.

“Sangatlah berpengaruh sekali terhadap para kader, karna berziarah akan menancapkan hati tentang sifat-sifat baik dan perjuangan para ulama,” pungkasnya.

Senada hal itu, salah satu anggota PAC IPPNU Muncar Rekanita Julfia Rasya Putri mengatakan pentingnya ziarah ke makam para ulama  untuk dapatkan berkahnya.

“Hal yang seperti ini sangatlah berfaedah kepada kehidupan kita, berbeda sekali dengan ada juga anak muda zaman sekarang yang melakukan kegiatan yang unfaedah,” tuturnya.

“Mari kita sebagai generasi milenial saat ini, harus bisa menjadwalkan diri kita dengan kegiatan yang baik, sebagai modal kita menjadi penerus estafet perjuangan para sesepuh kita,” ajaknya. (Firdaus/Sholeh)

Comments

comments

Check Also

Benteng Terakhir Ajaran Islam yang Membawa Rahmat Berada di Akar Rumput

Banyuwangi – Wakil Rais Syuriah Ranting NU Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi H. Abdul Nasir Basrawi menegaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *