Bibit Muda NU Berbaur di Dunia Nelayan

Muncar, Banyuwangi – Puluhan murid Sekolah Dasar (SD) NU al-Futuhiyyah menikmati kegiatan tadabbur alam sekaligus outbond di Pantai Satelit, Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Sabtu (3/8) pagi.

Mereka diperkenalkan dengan kearifan lokal tanah pesisir. Bercengkrama dengan alam dan outbond bersama dengan para pengunjung yang datang. Turut hadir, Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Muncar dan Pimpinan Anak Cabang Pagar Nusa Muncar untuk meramaikan acara bersama bibit-bibit muda NU.

Guru SD NU Al-Futuhiyyah Mia Safitri (24) mengatakan, mengedukasi anak-anak untuk peka terhadap keadaan sekitar sangatlah penting.

“Acara seperti ini, kami lakukan sebagai bentuk pendidikan untuk anak-anak agar terbiasa sosial dan mengenal keadaan sekitarnya,” kata Mia, sapaan akrabnya.

Ia berpendapat, ketika anak itu diperkenalkan dengan kondisi sekitarnya, si anak tidak akan lupa dengan identitas tanah kelahirannya, bahkan juga memunculkan yang namanya cinta tanah air dalam dirinya.

Mia berharap, pendidikan semacam ini bisa membuat anak-anak lebih mengerti dan memahami arti dari bersosial, sehingga mereka bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Senada dengan itu, salah satu wali murid Faidatul Umroh mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh para guru SD NU al-Futuhiyyah. “Kegiatan seperti ini sangat bagus sekali, selain memperkenalkan dunia nelayan, juga sebagai ajang refreshing bagi anak-anak,” kata dia.

Ia berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin, dan bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Peduli Sosial (GPS) Ahmad Suprapto (42) mengaku senang dengan kunjungan anak-anak.

“Dengan kunjungan bibit-bibit penerus bangsa ini, kami bisa menyalurkan apa saja yang difahami tentang dunia nelayan kepada mereka. Sehingga tidak akan putus pengetahuan tentang kekayaan dunia laut. Karena memang perekonomian Kecamatan Muncar tersentral pada wilayah laut,” tutur alumni PK IPNU MTs Asembagus, Situbondo. (Firdaus/Sholeh)

Comments

comments

Check Also

Target Besar LAZISNU Ranting Kedungringin

Muncar, NUOB – Target baru mulai dicanangkan oleh Ranting LAZISNU Kedungringin Muncar. Hal itu diungkapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *