Home Berita Aktual Gandeng RSNU, Bawaslu Gelar Rapid Test Massal

Gandeng RSNU, Bawaslu Gelar Rapid Test Massal

120
0
Pencegahan : Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Lakukan Rapid Test Penyelenggara Pemilukada.

Banyuwangi, NUOB- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi, menggelar rapid test masal terhadap 306 anggota pengawasan pemilu se- Kabupaten Banyuwangi, hari ini Kamis (16/7/2020) di lima lokasi yang sudah ditentukan.

Anggota Bawaslu Divisi ESDM dan Organisasi Anang Lukman Afandi mengatakan, Rapid test Massal ini dilakukan serentak di seluruh Banyuwangi. Kata dia, pelaksanaan rapid test massal ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Banyuwangi.

“Rapid test masal ini kita laksanakan di Lima tempat secara serentak. Diantaranya di Kantor Bawaslu untuk anggota Panwascam wilayah dapil 1. Di RSNU Mangir untuk anggota dapil 2, di Kantor Panwascam Srono,. Untuk anggota dapil 3, Kantor Kecamatan Gambiran untuk anggota di wilayah dapil 4 dan Kantor Kecamatan Genteng, untuk anggota di wilayah dapil 5,” kata Anang

Pelaksana rapid test massal terhadap anggota pengawas pemilu ini, dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 terhadap anggota Bawaslu yang bertugas di lapangan.

“Ini sebagai upaya ihtiyar kita untuk melindungi dan memastikan bahwa anggota kita yang bertugas di lapangan mulai dari tingkat kecamatan hingga pengawas TPS bebas covid-19. Karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat,” tambah Anang Lukman.

Anang menambahkan, jika dalam hasil rapid test ditemukan ada anggota Bawaslu yang reaktif, maka anggota yang bersangkutan akan diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri. Sedangkan tugas dan fungsinya akan digantikan dengan pengawas lainya.

“Hasil rapid test kita masih nunggu dan mudah- mudahan semuanya non reaktif. Tapi jika ada yang kedapatan reaktif kita akan arahkan untuk isolasi mandiri. Ini demi kebaikan bersama. Sekali lagi saya berharap semuanya non relatif. Sehingga kita bisa bekerja secara maksimal,” ujar Anang.

Sebelumnya, KPU Banyuwangi dengan menggandeng RSNU Banyuwangi, juga menggelar rapid test massal terhadap anggotanya. Dan hasil dari rapid test tersebut semuanya dinyatakan non reaktif. (Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here