Home GP ANSOR Haris Budi Utomo Resmi Nahkodai PAC GP Ansor Giri

Haris Budi Utomo Resmi Nahkodai PAC GP Ansor Giri

197
0

Giri, NUOB – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor, Kecamatan Giri, Banyuwangi, Ahad pagi, (5/7/2020) resmi dilantik oleh Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, diaula Kantor Kecamatan Giri.

Kepengurusan PAC GP Ansor Giri, Periode 2020-2022 ini, dilantik langsung oleh ketua PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat. Dalam acara pelantikan yang berlangsung hikmad itu, juga disaksikan langsung oleh Wakil Rois Syuria PC NU Banyuwangi, yang juga Mustasyar MWC NU Giri KH. Mursyidi As’ari, Khatib Syuria PC NU Banyuwangi, KH. Sunandi Jubaidi, Rois Syuria MWC NU Giri, KH Muhlis Ali, Ketua Tanfizia MWC NU Giri, Ahmad Sholihin, dan sejumlah pengurus Badan otonom NU di wilayah Kecamatan Giri.

Ketua PAC GP Ansor Giri, Haris Budi Utomo mengatakan, pelantikan pengurus PAC GP Ansor Giri ini, merupakan tonggak awal dimulainya pergerakan Kepengurusan GP Ansor Giri yang baru. Untuk itu dia berharap agar seluruh Ranting Ansor di Kecamatan Giri untuk bergerak menghidupkan roda Organisasi.

” Karena tanpa ada gerakan dari tinggkat ranting PAC GP Ansor Giri, tidak ada apa- apanya. Bahkan akan mati, sebab Ranting merupakan ujung tombak utama Ansor Giri dalam menjalankan roda organisasi ini,” ujur Harus di sela- sela pidato perdananya setelah dilantik menjadi Ketua PAC GP Ansor Giri.

Kata Haris, untuk program unggulan GP Ansot Giri, dibawa kepemimpinannya ada 2,. Yaitu, menghidupkan kembali majelis zikir dan Rizalul Ansor. Dua program itu sangat penting karena merupakan tradisi Nahdlatul Ulama untuk itu Ansor wajib melestarikannya di tengah masyarakat.

” Dua program itu saya rasa akan manjur untuk mengajak masyarkat ke faham ahlusunah waljamaah. Sehingga tidak mudah di pengaruhi faham- faham radikal yang saat ini sedang marak dintengah- tengah masyarakat. Saya khawatir jika tidak ada yang mengajak masyarakat untuk berzikir, maka faham aliran keras akan menyusuf di tengah-tengah masyarakat. Ini sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan kita terutama untuk keutuhan NKRI,” cetus mantan Sekrestaris PAC IPNU Giri itu.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat, berpesan Akan pentingnya transformasi kepemimpinan Di tubuh GP Ansor, untuk menuju kaderisasi yang struktural. Sehingga GP Ansor mampu hadir di tengah- tengah masyarakat.

” Transpormasi kepemimpinan itu sangat penting di dalam tubuh organisasi GP Ansor. Sehingga GP Ansor mampu hadir di tengah masyarakat. Seperti saya ini sudah dua periode di Ansor Banyuwangi dan sebentar lagi akan purna tugas, pak Hadiyul Ikdam juga dua periode di GP Ansor Giri dan saat ini digantikan sahabat Haris. Ini penting dilakukan,” kata Sukron.

Terlebih lagi saat ini GP Ansor dihadapkan dengan tatanan dekomrasi Indonesia yang sangat luar biasa. Sehingga harus pandai memposisikan diri yang benar. Sehingga GP Ansor tidak dianggap sebagai organisasi yang pandai menghujat.

” Kita dihadapkan dengan sistem demokrasi yang luar biasa saat ini. Sehingga benar- benar harus pandai menempatkan posisi yang benar. Agar kita ini tidak dicap sebagai organisasi yang pandai mencaci maki terhadap orang lain maupun organisasi lain,” tambah Sukron

Ketua Tanfizia Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Giri, Ahmad Sholihin meminta kepada PAC GP Ansor yang baru dilantik, agar benar-benar memperkuat kaderisasi, mulai dari tingkat ranting hingga kepengurus PAC Ansor Giri sendiri. Hal itu, untuk menangk masuknya faham radikal di wilayah Giri.

“Penguatan kaderisasi itu sangat penting sehingga kita tidak muda disusupi faham yang keras, dan radikal. Salah satu cara untuk memperkuat kaderisasi itu tetap mempertahankan dan menghidupkan tradisi NU ditengah kehidupan masyarakat,” ujur Sholihin

Sholihin juga berpesan agar pengurus GP Ansor Giri yang baru ini, juga menggalih potensi anggota di masing- masing ranting. Karena jika potensi yang dimiliki setiap anggota tersebut dimanfaatkan secara maksimal, Ansor Giri akan lebih maju dan akan menjadi contoh Ansor di daerah lain.

“Saya berpesan Galih seluruh potensi yang dimiliki anggota sesuai dengan kepotensi dan bidangnya masing- masing. Saya yakin jika itu terlaksana Ansor Giri akan lebih maju dari Ansor lainya. Terlebih lagi nantinya akan disinergikan dengan banom lainya di Kecamatan Giri ini, pasti akan menjadi Ansor percontohan,” cetus Ahmad Sholihin.

Khatib Syuria PC NU Banyuwangi, KH Sunandi Jubaidi meminta kepada GP Ansor Giri agar bisa menjaga warga NU, sehingga merasa aman dan nyaman. ” Menjaga dalam artian agar peran serta Ansor yang didalamnya ada Banser NU bisa ikut membantu aparat keamanan untuk menciptakan situasi aman. Sehingga di tengah pandemi Corona yang belum reda ini masyarakat tetap merasa nyaman,” katanya

KH Sunandi juga mengatakan, agar GP Ansor Kecamatan Giri mencari warga NU yang kekurangan dan membantunya. Karena hal itu penting dilakukan agar NU ini memang selalu hadir disaat apapun ditengah- tengah masyarakat.

” PC NU itu setiap minggunya saat ini terus melakukan sobo deso dihampir seluruh desa di Banyuwangi. Tujuanya apa agar bisa mendengar keluh kesa masyarakat terutama ditengah pandemi Covid-19 ini. Ansor Giri saya harapkan bisa melakukan itu demi kemaslahatan umat,” ujur Kiyai Sunandi.

Dia juga berpesan agar Ansor Giri tetap menjaga pagar NU yaitu, berupa tradisi yang sudah dilakukan NU selama ini. Sehingga sampai kapanpun NU tetap Kuat dan tetap menjadi penutan ditengah-tengah masyarakat.

Selain Harus Budi Utomo yang didapuk menjadi ketua PAC GP Ansor Kecamatan Giri,. Sejumlah kader NU Giri lainya juga menduduki struktur kepengurusan lainya. Berikut struktur kepengurusan PAC GP Ansor Giri, Periode 2020-2022.

Ketua. : Haris Budi Utomo
Wakil Ketua: Muhammad Faisol
Wakil Ketua: Ahmad Munif
Wakil Ketua: Aspuri Bashoir
Wakil Ketua: Mustain
Wakil Ketua: Isnaini

Sekrestaris : AKH Lukoni
Wakil Sekretaris: Moh. Irfan
Wakil Sekretaris: Abdul Goffar
Wakil Sekretaris: Makmuri
Wakil Sekretaris: Wawan Taufiqur Rahman
Wakil Sekretaris: Mahrus Ali

Bendahara. : Fathurraji
Wakil Bendahara: Haris Bimantara Mubarok
Wakil Bendahara: Selamet Mujaki
Wakil Bendahara: Ahmad Yanis
Wakil Bendahara: Baiturrahim
Wakil Bendahara: Afifudin

(Hermawan/nuob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here