Home Humor Hitung Massa Ala Gus Dur

Hitung Massa Ala Gus Dur

15
0
Sebagaimana diketahui bersama, di usia tuanya Gus Dur mengalami gangguan penglihatan yang cukup parah. Akan tetapi hal tersebut, bukan penghalang bagi Presiden Indonesia keempat tersebut.
Ada sebuah cerita menarik bagaimana Gus Dur mensiasati kekurangannya tersebut. Salah seorang orang dekatnya, Sukardi Rinangkit, menceritakannya pada sebuah forum di Surabaya, Rabu (24/5). Pada medio 2003, Sukardi diajak Gus Dur untuk berkunjung ke Purwokerto. Disana, rencananya akan diadakan rapat akbar untuk kampanye pencalonan Gus Dur menjadi presiden untuk kedua kalinya.
Sesampainya di Purwokerto, panitia setempat melaporkan kepada Gus Dur bahwa rapat akbar tersebut akan dihadiri 20 ribu jamaah. Gus Dur hanya mantuk-mantuk saja menerima laporan tersebut. Lalu, mereka bergegas menuju acara.
Gus Dur pun naik ke pentas dan diantar hingga ke depan stand mic yang telah disediakan dengan dituntun oleh Sukardi. Namun, Sukardi yang kini menjadi Staf Khusus Mensesneg Pratikno tersebut, tak boleh meninggalkan Gus Dur terlalu jauh. Saat hendak pindah posisi, tangannya diraih oleh Gus Dur. Jangan pergi, begitu arti pegangan tersebut.
Sukardi pun tetap di posisi semula. Lalu, Gus Dur dengan tiba-tiba mengajak para jamaah yang hadir untuk membaca ummul kitab. “Al-Faaaatiihaaaahhhh….” cetus Gus Dur.
Jamaah pun bergemuruh membaca Al-Fatihah.
Dengan spontan Gus Dur berbisik pada Sukardi yang ada di sisinya. “Panitiane nggak ngapusi,” cetus Gus Dur.
Mendengar bisikan itu, Sukardi spontan tersenyum. Ada-ada saja cara Gus Dur untuk memverifikasi kabar yang datang padanya. Meski mata tak bisa melihat secara langsung, namun tak berarti dengan mudah bisa dibohongi. (ay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here