Home / Berita Aktual / HSN, Santri Banyuwangi Khatamkan 10 Ribu Kali Al-Qur’an
Rapat persiapan HSN RMI NU Banyuwangi

HSN, Santri Banyuwangi Khatamkan 10 Ribu Kali Al-Qur’an

Genteng, NUOB – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober mendatang disambut antusias oleh para santri di Banyuwangi. Hal ini terungkap dalam rapat persiapan HSN yang digelar oleh Pengurus Rabithah Maáhidil Islamiyah (RMI) PCNU Banyuwangi di aula Kantor Kecamatan Genteng, Selasa (17/10). Dalam rapat yang diikuti oleh para perwakilan pesantren seluruh Banyuwangi itu, sepakat untuk menggelar khataman al-Qurán sebanyak sepuluh ribu kali.

“Para santri di seluruh pesantren di Banyuwangi, telah kita bagi untuk mengkhatamkan al-Qurán di masing-masing pesantrennya. Totalnya kita akan mengkhatamkan sebanyak sepuluh ribu kali,” terang Sekretaris RMI Banyuwangi Gus Saifudin Zuhri kepada NUOB.

Untuk bisa mengejar target sepuluh ribu khataman tersebut, RMI akan menggelar serentak pembacaannya mulai malam hari ini (17/10). “Agar memenuhi target, kita sepakat untuk memulai pembacaan khatamannya pada malam ini. Serentak di seluruh pesantren di Banyuwangi,” tutur pria yang biasa disapa Gus Udin ini.

Puncak acara khatamannya, lanjut Gus Udin, akan dipusatkan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi. Para santri dari berbagai pesantren, para kiai dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan terlibat langsung. “Nanti pembacaan doa khotmil Qurán sebagai penanda puncak khatam sepuluh ribu kali akan digelar di Pendopo pada malam Ahadnya (21/10),” jelasnya.

 

Tidak hanya itu, dalam memeriahkan  HSN tahun ini, RMI juga menggelar beberapa kegiatan. Pada Sabtu pagi (21/10) akan dihelat jalan sehat sarungan yang diikuti oleh santri di Lapangan Maron Genteng. Setelah jalan sehat, para santri akan mengikuti beberapa cabang lomba antar santri. Mulai dari lomba puitisasi al-Qurán, kaligrafi modern, hingga nasyid.

Pada hari H-nya sendiri, RMI akan menggelar kirab santri yang akan diikuti oleh 10 ribu penabuh rebana. Agenda ini akan digelar di Banyuwangi. Dimulai dari Stadion Diponegoro dan finish di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Sesampainya di pendopo akan digelar apel Hari Santri Nasional 2017 dengan mengenakan sarung.

“Dengan adanya hari santri, kami berharap par santri-santri khususnya daerah Banyuwangi semakin memunculkan semangat santrinya. Hari santri juga bisa menjadikan ajang silaturahmi antar santri,” pungkasnya. (fata/ay)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Ma’mulah Melantik Ratusan Kader Muslimat, Berikut Pesannya

Banyuwangi – Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Banyuwangi Ma’mulah Harun melantik ratusan kader Muslimat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *