Ini Empat Bekal Menjadi Pengurus NU

Glagah, NUOB – Menjadi pengurus Nahdlatul Ulama bukanlah perkara mudah. Sebagai sebuah organisasi sosial keagamaan, NU bukanlah lembaga yang menjanjikan pemunuhan urusan finansial. Untuk itu, perlu bekal khusus guna menjadi pengurus NU. Tidak hanya di tingkat terendah, namun juga tingkat teratas.

“Bekal pertama adalah meyakini kebenaran terhadap NU. Tashdiq. Bahwa NU ini adalah organisasi yang akan mengantarkan pada kebaikan dunia akhirat,” ungkap Wakil Rais PCNU Banyuwangi KH. Hasan Kafrawi pada khutbah iftitah konferensi MWC NU Glagah di PP. Nurul Anwar Arrabbi, Tamansuruh, Jumat (26/7).

NU sebagai organisasi yang didirikan oleh ulama Nusantara pada 31 Januari 1926 itu, bukanlah organisasi pada umumnya. Perlu tirakat hingga satu dekade menunggu isyarah dari Allah SWT melalui lewat ulama sepuh. Isyarat itu pun datang melalui perantara Syaikh Kholil Bangkalan.

Tak cukup hanya meyakini, lanjut Kiai Kafrawi, untuk bekal selanjutnya haruslah mempelajari secara maksimal tentang ke-NU-an dan Aswaja. “Kalau hanya meyakini tanpa diimbangi oleh pengetahuan, maka hanya ada di hati. Akan mudah digoyang. Perlu juga dilengkapi dengan pengetahuan agar keyakinan tersebut semakin kokoh,” tegasnya.

Bekal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah semangat jihad. Semangat tersebut, bukan seperti halnya para teroris mendistorsi maknanya menjadi bom bunuh diri. Jihad sendiri merupakan upaya untuk menegakkan agama Islam dengan membuat kemaslahatan umat manusia.

“Setelah memiliki keyakinan dan pengetahuan, hal tersebut haruslah diamalkan,” tegas Kiai Kafrawi.

Tentu saja, untuk berjuang di NU itu, akan menemui kesulitan yang tidak ringan. Berbagai tantangan dan cobaan bakal menghadang.

“Maka, bekal terakhir yang perlu disiapkan adalah adalah sabar dan tawakal. Dengan kesabaran dan berserah diri, maka Allah akan membantu ikhtiyar kita,” pungkasnya. (ay)

Comments

comments

Check Also

Upacara Kemerdekaan, IPNU-IPPNU Bangorejo Tampilkan Drama Kolosal

Bangorejo, NUOB- Dalam upacara Kemerdekaan Indonesia ke 73 Kecamatan Bangorejo, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Bangorejo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *