Home / Berita Aktual / Inilah Alasan Pentingnya MWC NU Giri Gelar Bahsul Masail.

Inilah Alasan Pentingnya MWC NU Giri Gelar Bahsul Masail.

Giri, Banyuwangi – Lajnah Bahsul Masail MWC NU Giri, Banyuwangi, kembali melaksanakan kegiatan Bahsul Masail.

Kegiatan yang membahas sejumlah pertanyaan dari masyarakat ini dilaksankan hari Ahad, (28/04) yang bertempat di Mushola H. Muhlus Ali , Dusun Guwo, Desa Grogol, Kecamatan Giri. Sekretaris LBMNU Giri, Wahid menilai kegiatan bahsul masail ini penting dilaksanakan, karena seiring perkembangan jaman banyak persoalan yang menyangkut hukum agama terjadi. Untuk itu, LBMNU Giri akan terus melaksanakan secara rutin tiap tiga bulan sekali.

“Kegiatan Bahsul Masail ini akan terus kami laksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Tujuanya agar persoalan yang muncul bisa terselesaikan dan masyarakat punya dasar dalam melakukan sesuatu yang menyangkut dengan ibadah,” terang Wahid.

Hadir juga dalam acara tersebut wakil Rois Syuriah MWC NU Giri KH. Imam Baihaqi. Dalam sambutanya ia menyampaikan tradisi bahsul masail memang sudah ada semenjak Organisai NU Lahir dan sudah sering dilaksanakan oleh para sesepuh NU.

“Bahsul masail dalam tradisi NU memang sudah dimulai dari Kiai Hasyim Asy’ari, hingga saat ini untuk membahas masalah-masalah yang berkepanjangan di masyarakat,” kata Imam Baihaqi.

Dalam bahsul yang pertama ini ada 7 pertanyaan yang masuk ke kordinator MWC Giri. Pertanyaan tersebut diambil dari masing-masing ranting se-MWC Giri.

Pertayaanya bervariasi ada yang bertanya tentang mengqodho sholat bagi orang yang sakit parah/tidak sadar ?  Bagaimana hukumnya ibadah umrah/haji dengan dana talangan? dan lain lain.(Suli LTNU Giri/Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *