Breaking News
Home / Kabar Nahdliyin / Jelang UN, IPNU IPPNU Pesanggaran Gelar Doa Bersama

Jelang UN, IPNU IPPNU Pesanggaran Gelar Doa Bersama

Banyak cara yang dilakukan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan segera tiba, Salah satunya menggelar doa bersama. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pesanggaran yang bergerak dalam kepelajaran, merupakan salah satu penyelenggara doa bersama jelang UN tersebut.

Acara yang di gelar di Masjid Besar Baitussalam Pesanggaran, pada Rabu(30/4) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan tiap menjelang UN.  Tidak hanya dihadiri oleh kader-kader IPNU maupun IPPNU saja, kegiatan doa bersama tersebut juga dihadiri oleh ratusan pelajar kelas akhir di seluruh Pesanggaran.

Acara tersebut langsung dipimpin oleh Ketua MUI Pesanggaran, KH Afandi Musyafa’. Dalam sambutannya, Kiai Afandi menegaskan bahwa dengan doa ini diharapkan Allah berkenan memberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian. “Semoga dengan kegiatan istighasah ini, para siswa nantinya diberi kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian,” kata Kiai Afandi.

Ketua MWC NU Pesanggaran, Makinudin juga menyampaikan sedikit taushiyah motivasi dalam acara tersebut. Ia menyebutkan bahwa upaya yang dilakukan manusia dalam kehidupan ini harus dengan dua upaya, baik lahiriyah maupun batiniyah. Upaya lahiriyah, ungkapnya, adalah usaha yang harus dilakukan manusia dengan kemampuan manusia itu sendiri. Kemampuan yang memang telah diberikan Allah SWT. “Misalnya jika anda ingin pandai, upaya lahir yang harus anda lakukan, harus belajar,” katanya. ”Kalau tidak belajar, tidak mungkin anda bisa pandai,” imbuh Makinuddin.

Adapun upaya batiniyah, lanjut Makinuddin, merupakan upaya yang dilakukan secara batin, seperti berdoa dan menggelar istighasah. Hal itu, akan membuat seseorang tidak mudah putus asa apabila mengalami kegagalan. ”Jika hanya melakukan upaya lahiriyah saja, itu sangat berpotensi menjadikan manusia stres apabila mengalami kegagalan dalam usahanya,” pungkasnya.

Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Pesanggaran mengatakan, istighosah yang dilakukan menjadi agenda kerja rutin, menjelang pelaksanaan ujian nasional. “Menurut Kami, persiapan mental spiritual penting, agar rekan dan rekanita siswa merasa tenang dan tenteram secara psikologis, disamping secara materi sudah diberikan di sekolahan masing-masing,” ungkap salah satu pengurus IPNU.

Sabilur Rasad, salah dewan guru yang ikut mendampingi siswa-siswinya dalam kegiatan tersebut, menyatakan dukungannya. “Doa bersama ini, merupakan salah satu upaya menyiapkan kesiapan mental, kematangan diri, dan kejujuran para siswa selama pelaksanaan ujian. Jadi penting untuk terus diadakan,” ungkapnya.

Salah seorang siswa, Richa Erlita (17) berharap, agar doa bersama ini bisa menambah rasa kepercayaan diri, sehingga selama pelaksanaa UN Tahun 2016 diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal ujian. (mazid / ed. ayung)

 

 

 

 

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cetak Sumber Daya Manusia Berkualitas tinggi yang Berlandaskan Aswaja Melalui Makesta

Banyuwangi, Genteng – Terus bergerak dalam melakukan pengkaderan di tingkat mahasiswa, PKPT IPNU IPPNU IAI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *