Home / Berita Aktual / Kaderisasi Ulama Hisab Rukyat PWLFNU Jatim digelar di PP. Darussalam  

Kaderisasi Ulama Hisab Rukyat PWLFNU Jatim digelar di PP. Darussalam  

Tegalsari, NUOB- Jumat,  20 Oktober 2017, PWLFNU Jatim melaksanakan Kaderisasi Ulama Hisab Rukyat angkatan XX di PP Darussalam Blok Agung,  Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Kegiatan ini diikuti oleh 130 peserta. Mereka adalah utusan dari berbagai PCLFNU se Jawa Timur, santri Pondok Pondok Pesantren,  Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, praktisi astronomi,  dan penggiat Falakiyah.

Peserta, tidak hanya berasal dari Jawa Timur saja, namun ada juga dari Semarang , Pati Jawa Tengah. tak Dari ketinggalan juga peserta dari pulau Madura juga mendominasi dari; antara lain dari Sumenep,  Bangkalan,  Sampang, dan Pamekasan,  serta Pulau Bawean. Sebanyak 60 orang  berkumpul di Kantor PWNU Jawa Timur,  pada Jumat pagi, mereka berangkat bersama dalam satu bus yang disediakan gratis oleh PWLFNU Jawa Timur. Sebagian yang lain, berangkat dengan mobil pribadi dan moda transportasi umum lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan praktek rukyatul hilal awal Shofar 1439 H. di Gumuk Klasi Indah, Kemiri,  Singojuruh,  Banyuwangi pada Jumat 20 Oktober 2017 pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Para peserta yang telah datang secara rombongan baik menggunakan bus maupun mobil pribadi,  langsung masuk area gumuk untuk melaksanakan sholat Ashar, kemudian naik ke puncak bukit untuk melaksanakan rukyat.  MWCNU Sempu dan pemilik tempat, mendukung penuh pelaksanaan rukyatul hilal ini; mulai dengan pemasangan umbul-umbul, pengerahan Anshor dan fatayat, dan pengadaan akomodasi nya.

Setelah rukyatul hilal selesai, peserta bergerak menuju tempat diklat di Aula Mukhtar Syafaat, Pondok Pesantren Blokagung. Acara Pembukaan dimulai pada pukul 21.00. Kepala Kementerian Agama,  Slamet,  selaku ketua Badan Hisab Rukyat Kabupaten Banyuwangi, membuka dan   memberikan pengarahan tentang unik dan pentingnya ilmu falak dan penyatuan kalender hijri.

“saat ini, ilmu hisab  rukyat adalah tergolong ilmu yang langka,  bahkan mahasiswa syariah pun tidak semua menyukai apalagi memahaminya,  oleh karena itu,  para peserta ini adalah orang yang langka dan terpilih dalam bidang ilmu falakiyah. Sehingga ke depan mudah mudahan akan muncul para penerus ulama hisab rukyat,”ujarnya.

Pelatihan dilanjutkan pada keesokan harinya, Sabtu 21 Oktober 2017. Materi disampaikan oleh BMKG Banyuwangi dan BMKG Pasuruan,  tentang hisab BMKG, meteorologi, klimatologi,  dan atmosfer senja. Dilanjutkan hisab arah kiblat dan bayang kiblat menggunakan wahana Android,  oleh KH. Uzal Syarhuna, cucu maestro falak klasik dan juga pengarang kitab risalatul qomarain, kitab tentang yang menguasai tentang hisab. Berikutnya adalah materi tentang astrophotografi menggunakan gadget oleh PCLFNU Blitar.  Setelah Dhuhur,  penyampainan materi tentang fiqh taarud bainal hisab wa rukyat menurut ulama Salaf Oleh, oleh KH Sofiyullah, Ketua PWLFNU Jatim. Sebagai materi pamungkas adalah tipe dan trik sukses rukyatul hilal, secara metode dan praktis,  KH.Abdul Muid, dan KH. Muhammad Inwanuddin dari PCLFNU Gresik.

Penutupan acara dilaksanakan pada pukul 22.00 oleh Rois Syuriah PCNU Kabupaten Banyuwangi,  KH. Hisyam Syafaat, yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung, sembari memberikan pengarahan tentang pentingnya dan hebatnya ulama falak dahulu yang menghitung waktu gelas akan pecah.

“orang kalau berkeinginan menjadi mulia, maka harus mengutamakan mengaji, Sopo Sing ngaji,  besuk 10, 15, 20 tahun ke depan akan menjadi raja dan ratu,  man lahu ulumun wa kutubun,  jaahu rizqun wa huwa jaalisun” ujarnya mengutip pesan pendiri Pondok Pesantren Darussalam, KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur.

Selanjutnya para peserta berpamitan kepada jajaran pengasuh pesantren,  untuk melanjutkan perjalanan pulang ke daerah masing masing. (nuob)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Ma’mulah Melantik Ratusan Kader Muslimat, Berikut Pesannya

Banyuwangi – Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Banyuwangi Ma’mulah Harun melantik ratusan kader Muslimat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *