Home / Berita Aktual / Ketua Lazis Banyuwangi : Jangan Terjebak Rutinitas Program Dahulu
Ketua Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kasiyanto beserta jajarannya menyambut kedatangan Ketua PC Lazisnu Kabupaten Banyuwangi di kediamannya, Senin (20/05) malam.

Ketua Lazis Banyuwangi : Jangan Terjebak Rutinitas Program Dahulu

Banyuwangi – Ketua PC Lazisnu Kabupaten Banyuwangi Irfan Afandi beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja pada  Ketua Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kasiyanto, di kediamannya bertepat di Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Senin (20/05) malam.

Irfan menjelaskan kunjungan ini maksud yang pertama adalah untuk merajut tali persaudaraan sesama pengurus. Ia menjelaskan kunjungannya sudah dilakukan di beberapa MWC NU se-Kabupaten Banyuwangi, terkhusus di kepengurusan Lazis.

“Selain itu, kita juga lakukan kordinasi beberapa kegiatan sebagai persiapan nantinya. Misalkan dalam waktu dekat pembentukan atau pembicaraan mekanisme kegiatan zakat fitrah tahun ini. Supaya terkoordinasi dengan baik dan berjalan lancar tentu harus adanya komunikasi. Saya menilai komunikasi adalah poin utama keberlangsungan jalannya program kegiatan yang akan dilakukan. Ditambah dengan agenda konsolidasi antar pengurus, laporan bagaimana progres, apa kendalanya sejauh ini, dan sebagainya,” terang Irfan sapaan karibnya.

Irfan juga menambahkan dalam pelaksanaan program harus didukung dengan inovasi. Jangan hanya terjebak dengan rutinitas program dahulu. “Misalkan perlu adanya selipan dana yang digunakan untuk aktivitas sosial yang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan konteksnya. Seperti lingkungan dibantu dengan penyediaan tempat sampah yang terbranding Lazisnu atau bisa juga dengan petunjuk-petunjuk lain yang ditempelkan di tempat umum. Terserah sudah. Kita tak pernah membatasi kreatifitas pengurus,” tutur Irfan.

Sementara Kasiyanto menjelaskan, program dan kegiatan Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan agenda. “Kita telah membuka rekening resmi khusus Lazis sendiri. Ada rekening BRI dan BNI. Sudah tidak memakai rekening pribadi,” terang Kasiyanto yang juga didampingi rekan strukturalnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam hal pemungutan koin di masing-masing ranting dan donatur juga masih mengalami kesulitan, meski tidak terlalu signifikan.

“Harapannya nanti lebih banyak generasi muda yang aktif dalam kepengurusan Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi. Alhamdulillah lancarnya pergerakan dan program juga diantaranya adalah diprakarsai oleh pengurus-pengurus yang masih muda. Semoga dengan keaktifan dan berjalannya program-program ini mampu meningkatkan kepercayaan kepada para donatur,” tutup Kasiyanto. (Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *