Home / Berita Aktual / Ketua NU Kecamatan Banyuwangi Ingatkan Masuknya Ideologi Radikal di Masjid NU
Foto bersama antara Pengurus MWC NU Kecamatan Banyuwangi dan Pengurus Masjid Nurul Iman, Penganjuran, saat safari ramadan, Sabtu, (18/05) malam.

Ketua NU Kecamatan Banyuwangi Ingatkan Masuknya Ideologi Radikal di Masjid NU

Banyuwangi – MWC NU Kecamatan Banyuwangi melaksanakan safari ramadan di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (18/05) malam.

Saat sambutan, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kh. Akhmad Mushollin mengingatkan kepada jajaran pengurus takmir dan ratusan jamaah setempat yang hadir dari masuknya ajaran islam radikal di masjid milik NU.

“Mari kita semua saling waspada atas masuknya ideologi radikal dalam masjid kita (NU). Karena penyebaran ideologi radikal ini meresahkan masyarakat dan warga kita. Ketika pengurus masjid kurang perhatian, situasi ini akan menjadi rebutan mereka dalam memanfaatkan ini. Sudah banyak terjadi dewasa ini,” tuturnya.

Apalagi konteks saat ini, lanjutnya, banyak ummat yang belajar agama dengan instan. Mulai dari pemanfaatan internet ataupun media sosial yang terbarukan dari banyak platform.

“Karena itu, kita sama-sama mawas diri untuk melindungi masjid, keturunan, dan keluarga kita dari ancaman desakan perang ideologi ini. Juga tak kalah pentingnya kepedulian pengurus terhadap sertifikat legalitas berdirinya masjid,” pinta Gus Mushollin sapaan karibnya.

Senada hal itu, Rais Syuriah Kh. Ahmad Shiddiq menambahkan, NU selalu konsisten dalam mendakwahkan islam yang membawa rahmat.

“Metode dakwah yang menyampaikan hadirnya keluasan islam yang penuh rahmat dan ampunan. Hukum yang digali meluas dan tidak saklek hitam dan putih. Karena prinsipnya kita memegang penuh konsep tasamuh (toleran), tawazun (seimbang), dan i’tidal (kukuh dalam pendirian nilai-nilai keaswajaan). Selalu cerdas dalam membaca konteks yang terjadi,” terang Gus Shiddiq sapaan karibnya.

Sudah saatnya menggali ilmu agama tidak secara instan dan tak menghukumi segala sesuatu hanya hitam dan putih, tegasnya.

“Bersyukur dengan terus kukuhnya panji NU di tengah-tengah masyarakat sampai saat ini. Mari kita sebagai pengurus dan anggota saling sadar untuk terus belajar dan berkhidmat di organisasi yang didirikan oleh Kh. Hasyim Asy’ari,” pintanya.

Malam ini selain dihadiri langsung oleh Ketua dan Rais Syuriah hadir pula ranting, lembaga, dan Banom se-wilayah kerja MWC NU Kecamatan Banyuwangi.

Kemudian diakhiri dengan foto bersama antara pengurus NU dan pengurus masjid. Juga dilangsungkan santunan anak yatim yang dilaksanakan oleh pengurus Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi. (Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *