Ketua PC PMII: Masyarakat Banyuwangi Cerdas, Pelaksanaan Pemilu 2019 di Banyuwangi akan Berjalan Lancar

Banyuwangi, NUOB- Jelang pesta Demokrasi Nasional Pemilihan Presiden dan Pemilihan Calon Legislatif 2019, suhu politik tanah air mulai menghangat. Perang hastag, cuitan di media sosial, hingga aksi bentang spanduk di tanah sucipun dilakukan dalam rangka mencapai tujuan politik. gerakan-gerakan agitasi dan propaganda yang dilakukan oleh kelompok tertentu bertujuan untuk menggiring opini publik mengenai pemilu 2019 nantipun semakin gencar dilakukan. Fenomena tersebut terus merambah di beberapa daerah, terutama di kota-kota besar seperti Surabaya dan beberapa tempat lainya.

Banyuwangi sebagai kabupaten dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang cukup besar, kemungkinan akan mengahadapi hal yang sama. Menanggapi fenomena tersebut Ketua PC PMII Banyuwangi Puri Indra menyampaikan, kendati hal semacam itu bisa berpotensi terjadi di Banyuwangi, namun dirinya yakin hal tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap situasi sosial politik lokal di Banyuwangi.

“Politik Nasional boleh saja mulai memanas, itu adalah hal yang lumrah. namun kami yakin hal tersebut tidak akan terlalu berdampak terhadap situasi keamanan di Banyuwangi”, ungkap Puri kepada NU Online Banyuwangi, Kamis (30/08) siang.

Menurut Puri, pengalaman Pemilihan Gubernur 2018 kemarin dan beberapa pemilu yang sebelumnya bisa dijadikan sebagai acuan, bahwa masyarakat Banyuwangi cukup cerdas untuk menanggapi setiap dinamika politik dan isu-isu yang berkembang. Selain itu, dukungan kinerja yang baik dari Badan Penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu, turut memberikan efek besar terhadap suksesnya pelaksanaan Pemilu di Banyuwangi.

”Mengaca pada pilgub kemarin, di Banyuwangi terbilang sangat sukses, ini jelas karena kinerja KPU dan Bawaslu sangat optimal. 2019 nanti, PMII Banyuwangi mensupport KPU dan Bawaslu Banyuwangi lebih sukses menyelenggarakan Pilpres dan Pileg.
Selain itu, kami sangat yakin masyarakat Banyuwangi sangat cerdas, tidak mudah terprovokasi gerakan yang bisa memecah persatuan karen esensi politik adalah persatuan.″, imbuhnya.

Kendati demikian, dirinya tetap mewaspadai akan dampak pertarungan opini di media sosial terutama bagi kalangan pemuda. Menghadapi kemungkinan tersebut PC PMII Banyuwangi bakal merangkul seluruh steakholder di Banyuwangi, baik penyelenggara, pengawas maupun organisasi sosial dan keagaamaan di Banyuwangi untuk tetap menjaga kondisifitas jelang Pemilu 2019. Selain itu dirinya mengajak kepada seluruh pemuda di Banyuwangi agar tidak terpancing dengan provokasi di media sosial maupun gerakan-gerakan yang dapat memecah persatuan sehingga pelaksanaan pemilu nanti bisa berjalan dengan lancar. (Noe)

Comments

comments

Check Also

Warka Kelistrikan Muncar Salurkan Bantuan 15 juta

Banyuwangi, NUOB – Kepercayaan masyarakat kepada LAZISNU Banyuwangi saat ini semakin tinggi. Setelah menerima donasi dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *