Home / Berita Aktual / Kgs Abdul Aziz; Ketua IPNU Banyuwangi Pertama

Kgs Abdul Aziz; Ketua IPNU Banyuwangi Pertama

Pada Konferensi Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Banyuwangi ke-XIV di Pesantren Mambaul Huda, Krasak, Tegalsari, diserahkan sebuah plakat penghargaan sebagai pendiri IPNU Banyuwangi kepada Haji Shonhaji (alm). Konon, ia menjadi ketua pada dekade 60-an. Ia menjadi ketua, sedangkan sekretarisnya dijabat oleh Kiai Zarkasy Djunaidi. Keduanya masih memiliki hubungan persaudaraan.

Pengalaman Shonhaji menjadi ketua IPNU Banyuwangi tersebut, ternyata bukanlah yang pertama. Ada yang lebih tua lagi. Ia adalah Kiagus (Kgs) Abdul Aziz yang berasal dari Kelurahan Lateng, Banyuwangi. Dalam penelusuran Komunitas Pegon pada 2016 terungkap fakta tersebut.

Pada tahun-tahun awal IPNU didirikan, 24 Februari 1954, pengurus pusat IPNU datang ke Banyuwangi. Mereka menemui pengurus PCNU Banyuwangi masa itu. Saat itu, besar kemungkinan yang datang adalah Tolchah Mansoer sendiri.

Salah satu pengurus NU yang ditemui oleh PP IPNU tersebut, adalah Kiai Kgs Abdul Hadi (w. 1978). Saat itu, ia menjabat sebagai Ketua NU Banyuwangi bagian Dakwah. Dalam pertemuan itu, Abdul Hadi mengundanghadirkan adiknya, Kgs Abdul Aziz, yang masa itu masih menempuh pendidikan di PGA.

Setelah itu, Abdul Aziz dipercaya menjadi ketua. Beberapa kawannya di PGA ia ajak untuk menjadi pengurus PC IPNU Banyuwangi generasi awal tersebut. Namun ia tak lagi mengingat siapa nama-nama kawannya tersebut. Maklum, usianya sudah sangat sepuh untuk seorang yang terlahir pada 1933.

Meski ingatan Abdul Aziz tak lagi sempurna, ada satu dokumen yang sangat mendukung validitas pengakuannya. Ia menunjukkan Kartu Peserta Muktamar III Pimpinan Pusat IPNU. Acara yang bersamaan dengan pelaksanaan “Pekan Olah Raga” (POR) Pertama tersebut, digelar pada 27 – 31 Desember 1958 di Cirebon.

Keterangan pada kartu tersebut menunjukkan ia sebagai “utusan/penindjau/ peserta P.O.R” yang berasal dari Banyuwangi. Ia mendapat nomor peserta: 8/PPM/III/58. Dalam kartu itu, juga dilengkapi dengan foto masa mudanya.

Dengan demikian, setidaknya Kgs Abdul Hadi telah menjadi Ketua IPNU Banyuwangi sejak 1958. Bahkan, besar kemungkinan ia telah menjadi ketua jauh sebelum kongres tersebut. Artinya, tesis awal yang menyebut Shonhaji sebagai ketua pertama terbantahkan. Ketua pertama itu adalah Rekan Kiagus Abdul Aziz!

Saat ini, Kgs Abdul Aziz masih diberikan anugerah usia panjang. Ia tinggal di Jl. Enggano, No. 19 Kelurahan Lateng Banyuwangi. Selama masa hidupnya, Abdul Aziz banyak berkhidmat di NU. Ia tercatat sebagai aktivis LP Ma’arif dan Pergunu. Kiprahnya yang cukup besar bagi NU itu, tak mengherankan. Di dalam tubuhnya mengalir darah pendiri dan penggerak NU asal Banyuwangi, KH. Saleh Syamsudin Lateng. (Ayunk)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cegah Corona, Ansor-Banser Kecamatan Banyuwangi Semprot Disinfektan Puluhan Masjid hingga Destinasi Wisata

BANYUWANGI – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *