Home / Berita Aktual / KH. Fachruddin Manan: Hari Santri, Hakikatnya Mengungkap Perjuangan Ulama

KH. Fachruddin Manan: Hari Santri, Hakikatnya Mengungkap Perjuangan Ulama

Muncar, Banyuwangi – Peringatan Hari Santri Nasional hakikatnya memiliki tujuan untuk mengungkap segala bentuk perjuangan para ulama dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal pembuka yang disampaikan KH. Fachruddin Manan ketika ceramah pada pagelaran gebyar shalawat MWC NU Muncar di Lapangan Untung Suropati, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Sabtu (26/10) malam.

Dengan diperingatinya Hari Santri ini, dapat jadikan momen mengingat jasa besar para ulama. “Sehingga kita bisa mengambil suri tauladannya,” ungkap kiai kharismatik itu.

Ada 3 kelompok manusia yang di cintai oleh nabi Muhammad SAW, hingga membuat Allah pun mencintainya, “Siapa saja?” tanyanya kepada ratusan jamaah yang hadir.

Pertama adalah para santri dan para pelajar, yang mana nantinya akan mengemban tugas besar dari umat. Kedua adalah Mujahid (pejuang). Pejuang disini diartikan sebagai orang-orang yang betujuan bergerak untuk menentramkan umat. “Yang ketiga adalah para pengusaha, sebagai penghidup ekonomi umat,” ujarnya.

Berjuanglah di jalan yang dapat ditempuh, baik melalui ranah santri atau dari kedermawanannya para pengusaha. (*)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cegah Corona, Ansor-Banser Kecamatan Banyuwangi Semprot Disinfektan Puluhan Masjid hingga Destinasi Wisata

BANYUWANGI – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *