Home / Kabar Nahdliyin / KH. Fachrudin Manan : Sayangi Mahkluk Allah, Maka DIA Menyayangimu

KH. Fachrudin Manan : Sayangi Mahkluk Allah, Maka DIA Menyayangimu

Muncar, Banyuwangi – KH. Fachrudin Manan menjelaskan bahwa bila manusia menyayangi sesama mahkluk Allah, maka Allah akan menyayanginya.

” Oleh sebab itu, kita dituntut untuk saling menyayangi antar sesama, baik makhluk yang berakal maupun tidak,” terang Rais Suriyah MWCNU Muncar saat mengisi pengajian rutin Kitab Nashoihul Ibad di kantor MWCNU Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Selasa (17/9) malam.

Malaikat akan memintakan ampun kepada Allah untuk orang yang menyayangi sesama makhluk ciptaan-NYA, ungkapnya. Jika malaikat memintakan ampun, pastilah Allah akan menerima permintaan itu.

Ia menceritakan sebuah kisah Imam Ghazali yang termaktub dalam kitab karangan imam Nawawi al-Bantani.

Imam Ghazali bermimpi bertemu dengan Allah. Dalam pertemuan tersebut, tercipta momen percakapan Imam Ghazali dengan Allah.

Cucu kyai kharismatik Abdul Manan itu mengatakan bahwa Imam Ghazali ditanya oleh Allah, apa yang menyebabkan diangkatnya derajatmu seperti saat ini? Imam Ghazali menjawab karna ilmu dan amalku. Allah pun menjawab bukan. Lantas, apa yang menyebabkan diangkatnya derajat ku ya Rabb? Tuhan menjawab, ini bukan karna ilmu dan amal mu, melainkan karna keikhlasan mu pada saat membiarkan seekor lalat yang sedang meminum tintamu.”Hal kecil itulah, yang membuat Allah mengangkat Imam Ghazali sebagai wali kutub,” tegas dia.

Wakil Rais Suriyah PCNU Banyuwangi tersebut berharap, semoga kita bisa mengambil hikmah dari kitab monumental ini dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. (Firdaus / Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

PAC IPNU IPPNU Muncar Gelar Pengajian Aswaja

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Muncar menggelar kegiatan pengajian Aswaja di dusun Sukosari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *