KH. Fahruddin Mannan : Jadilah orang yang selalu merasa fakir kepada Allah

Muncar, NUOB – Rais suriyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Muncar K.H Fachrudin Manan didapuk sebagai pemateri dalam kegiatan rutinan ngaji kitab Nashoihul Ibad karangan syech Nawawi al-Bantani di kantor MWC NU Muncar, Kedungrejo, Muncar (13/8) Malam.

Kyai Fachrudin Manan mengatakan bahwa Kitab nashoihul ibad ini dapat dijadikan sebagai kitab pedoman manusia mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depan akhirat kelak.

Dalam pembacaan muqoddimah kitab tersebut, ia menjelaskan bahwa nabi Muhammad SAW memilih pangkat nabi dengan disertai memposisikan diri sebagai hamba. Karna pangkat paling tinggi itu adalah pangkat hamba.

“Mengapa pangkat hamba merupakan pangkat paling tinggi? karna pangkat hamba itu selalu merasa paling fakir. Sedangkan Allah adalah sang maha pemberi. Jadi, orang yang merasa fakir kepada Allah lah yang akan diberi rahmat oleh Allah,” kata pengasuh Pondok Pesantren Minhajut Tulab.

Tanda-tanda orang yang diberi rahmat oleh Allah itu banyak, sambungnya, salah satunya adalah orang itu tidak mudah susah, dengan tidak takut kepada apapun kecuali kepada Allah SWT.

Cucu dari ulama kharismatik K.H Abdul Manan tersebut juga memberi pesan kepada puluhan kader NU yang datang, untuk membudayakan beristigfar.

“Mahallul khoto wan nisyan, merupakan ciri identik dari manusia, tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia pasti memiliki salah. Jangan sampai merasa paling suci,” terang mbah pukol, panggilan karibnya.

“Memposisikan diri sebagai hambalah, yang membuat kita tak pantas untuk berbuat sombong. Karna, hanya Allah lah yang boleh bersifat sombong.” tutupnya

Kegiatan yang insyaallah akan dilaksanakan setiap bulan ini dihadiri oleh pengurus harian rantin NU se-kecamatan Muncar, pengurus harian Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Muncar. (nuob)

Comments

comments

Check Also

Berlangsung Khidmat, Upacara HUT RI Ke-74 oleh Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Labanasem

Kabat, NUOB – Dengat penuh semangat upacara peringatan hari kemerdekaan republik indonesia ke-74 telah usai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *