Kiai Luayyi dan Makruf Pimpin MWC NU Glagah

Glagah, NUOB – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Glagah melaksanakan konferensi. Bertempat di PP Nurul Anwar, Dusun Gadog, Desa Tamansuruh pada Jumat (27/7), konferensi itu bakal memilih kepengurusan masa khidmat 2018 – 2023.

Sebagaimana diatur dalam AD/ART NU, untuk pemilihan rais syuriyah dipilih melalui rapat Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA). Dari lima anggota AHWA, memutuskan KH. Ahmad Luayyi untuk kembali memimpin Rais Syuriyah MWC NU Glagah. Kiai Luayyi sendiri merupakan rais syuriyah pada masa khidmat sebelumnya.

Proses yang cukup seru terjadi pada pemilihan tanfidziyah. Sidang langsung dipimpin oleh Wakil Ketua PCNU Banyuwangi Ahmad Qosim dan Wakil Sekretaris PCNU Banyuwangi Barur Rohim. Ada 21 Ranting NU yang memiliki hak suara dan tak ada satu pun yang abstain.

Berdasarkan tata tertib persidangan, calon sah harus mendapatkan 7 suara. Setelah dilakukan pemilihan calon, ada tiga nama yang muncul. Senari dapat 10 suara. Lalu disusul oleh Makruf dengan suara yang sama. Serta satu suara atas nama yang tak dikenal, Senada.

Berdasarkan tata tertib, ada dua nama yang berhak maju pada tahap selanjutnya. Akan tetapi Senari tidak bersedia untuk maju ke proses pemilihan selanjutnya. Ia memasrahkan kepemimpinan MWC NU Glagah kepada Makruf.

Hal tersebut disetujui oleh segenap peserta konferensi serta oleh rais syuriyah terpilih. Akhirnya, oleh pimpinan sidang diputuskan Makruf sebagai ketua terpilih MWC NU Glagah.

Terpilihnya Makruf bukan sesuatu yang mengagetkan. Selama ini, ia menjabat sekretaris MWC NU Glagah menemani Hadi Purnomo selaku ketua. Proses terpilihnya Makruf, menurut Hadi Purnomo, adalah bentuk berjalannya kaderisasi di Glagah.

“Alhamdulillah, proses pemilihan yang demokratis, kondusif dan berjalan lancar ini, merupakan bentuk kesuksesan dari proses kaderisasi di Glagah,” ujar Hadi yang kini menjabat Wakil Ketua PCNU Banyuwangi.

Sementara itu, kepengurusan yang baru terpilih itu, sudah ditunggu tugas berat. Sebagaimana amanat konferensi, kepengurusan MWC NU Glagah mendapat pekerjaan rumah untuk mengembangkan pendidikan.

“Sebagaimana amanat konferensi, kita akan memperjuangkan berdirinya Madrasah Ibtidaiyah baru di Kecamatan Glagah. Selama ini hanya ada dua di kecamatan ini. Insyallah hal ini akan jadi fokus utama kita,” terang Makruf. (ay)

Comments

comments

Check Also

Gus Makki Ajak MWC NU Perhatikan Kaum Milenial

Banyuwangi, NUOB- Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaini sedang menguatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *