Home / Berita Aktual / LAZISNU Ranting Karangrejo Terus Optimalkan Potensi
Rangkaian kegiatan Lailatul Ijtima' Ranting NU Kelurahan Karangrejo diawali istighosah yang diikuti seluruh lapisan anggota warga nahdliyin di Kantor Sekretariat bersama, Kelurahan Karangrejo, Senin, 6 Januari 2020. (Foto: NU Online Banyuwangi / Ali wafa)

LAZISNU Ranting Karangrejo Terus Optimalkan Potensi

Banyuwangi – Pengurus LAZISNU Ranting Karangrejo mempercepat program gerakan sosial di segala sisi untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Letak geografis Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi terbilang strategis berdekatan dengan pusat pemerintahan.

Karenanya, LAZISNU Ranting Karangrejo berpeluang besar dalam meningkatkan pelaksanaan program melalui kolaborasi bersama stakeholder dengan terus mengoptimalkan potensi unggulan di seluruh sektor.

Setiap periode, LAZISNU Ranting Karangrejo rutin melaksanakan beberapa program unggulan berupa pentasarufan maupun sosialisasi program kepada masyarakat. Hingga kini, memiliki kantor sekretariat bersama yang diinisiasi oleh pengurus LAZISNU Ranting Karangrejo.

Ketua LAZISNU Ranting Karangrejo Abdurrahman mengatakan, meskipun ditemukan keterbatasan di tengah pelaksanaan program-program sosial kemasyarakatan bukanlah suatu alasan untuk berkinerja rendah.

“Dengan sinergi semua pihak, mulai dari sesama pengurus, anggota, pemerintah, serta seluruh masyarakat, program berkualitas dapat kita lakukan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan,” katanya saat dimintai keterangan dalam acara Lailatul Ijtima’ Ranting NU Karangrejo yang dirangkai dengan peresmian sekretariat bersama hingga pelantikan GP Ansor Ranting Karangrejo, Senin malam, 6 Januari 2020.

Salah satunya capaian di sektor pentasarufan, bantuan diberikan kepada guru-guru ngaji, LAZISNU Ranting Karangrejo mulai bergerak pada program pemberian support atas keikhlasan dedikasi pengajar Taman Pendidikan Qur’an (TPQ). Diharapkan dari bantuan ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan para pengajar.

“Pada hilirnya para santri bisa lebih bersemangat dalam menimba ilmu agama. Karena tenaga pengajarnya bersemangat dan berkecukupan. Itulah harapan dari kami,” ujarnya.

Selain itu, ada juga program yang telah dilaksanakan bersama pemerintah berupa program bedah rumah kepada masyarakat yang membutuhkan. Sudah tentu semuanya tepat sasaran, karena pengurus LAZIS mendengarkan dan menerima data dari masing-masing Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) di Kelurahan Karangrejo.

“Saat ini saldo keuangan LAZISNU Ranting Karangrejo Rp 8,3 juta. Semoga dengan ikhtiyar yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan kepercayaan para penyandang dana dan stakeholder terkait. Karena program sosial ini tidak bisa berjalan sendirian. Tentunya perjalanan masih panjang, dan ke depan tantangan bukan semakin mudah,” ungkap Abdurrahman menutup penjelasannya.

Salah satu warga, Fauzi, 45 tahun mengaku senang atas konsistensi perjuangan pengurus LAZISNU Ranting Karangrejo yang adaptif memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Saya selaku koordinator di wilayah tinggal saya sangat berterimakasih atas semua bantuan yang telah disalurkan kepada warga saya sendiri. Pengakuan warga ke saya, mereka senang sekali mendapatkan bantuan sosial dari pengurus LAZISNU . Semoga pengurus LAZISNU senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran, dan keberkahan untuk terus menebar benih manfaat,” ujar warga yang tinggal di Perum Griya Pesona, Kelurahan Karangrejo.

“Pengurus LAZISNU Ranting Karangrejo sangat luar biasa sekali. Kerja cepat dan nyata memberikan manfaat kepada masyarakat terus meningkat. Di sini saya sangat apresiasi atas semua program yang dilaksanakan. Mulai dari program sosialisasi koin NU, memberikan bantuan kepada anak yatim, dhuafa, sampai guru-guru TPQ,” imbuh Sekretaris LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi Imam Zurkoni.

Lurah Karangrejo Efendy Kusumo saat sambutan mengharapkan, kolaborasi program bersama pemerintah harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. “Semoga LAZISNU senantiasa mendapatkan kepercayaan yang terus meningkat dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi,” ungkap Efendy.

Saat ditemui dan dimintai keterangan, Ketua Tanfidziyah Ranting NU Karangrejo Ahmad Thoyib mengharapkan kekompakan antar pengurus lembaga dan banom NU di tingkat ranting harus terus ditingkatkan.

“Karena kekompakan ini adalah ikhtiyar bersama mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program-program kemaslahatan NU yang akan, sedang, dan telah dilakukan. Terus semai kekompakan ini jangan sampai pupus,” ujar Thoyib menutup penjelasannya.

Pada rangkaian Lailatul Ijtima’ malam itu selain dihadiri langsung oleh seluruh anggota nahdliyin Kelurahan Karangrejo, turut hadir mewakili PCNU Kabupaten Banyuwangi Ahmad Qosim beserta jajaran; Ketua LAZISNU Kabupaten Banyuwangi Imron Rosyadi beserta jajaran; Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi KH. Akhmad Musollin beserta jajaran; Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Banyuwangi Sugito dan jajaran. (Sholeh)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cegah Corona, Ansor-Banser Kecamatan Banyuwangi Semprot Disinfektan Puluhan Masjid hingga Destinasi Wisata

BANYUWANGI – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *