Home / Berita Aktual / Lembaga Falakiyah PCNU Banyuwangi ajak warga Nobar Gerhana Matahari

Lembaga Falakiyah PCNU Banyuwangi ajak warga Nobar Gerhana Matahari

Genteng, NU_online bwi – Usai menunaikan ibadah salat gerhana di masjid al Ikhlas Jalen, Desa Setail Kecamatan Genteng pagi kemarin, puluhan jamaah dan juga warga sekitar lokasi berkesempatan melakukan observasi pengamatan gerhana matahari.

Dengan peralatan berupa kacamata DN5 dan teropong sederhana, mereka menyaksikan fenomena langka alam ini dengandidampingi tim lembaga falakiyah NU cabang Banyuwangi. Berbeda dengan warga, beberapa pengurus dan santri yang terlibat di dalam tim falakiyah sejak semalam melakukan perhitungan dan kajian gerhana ini. Sejak awal gerhana hingga gerhana berakhir, mereka melakukan pencatatan yang didasarkan dengan teori di dalam kitab falakiyah.

sli- observasi gerhana (53)Tsamrotul Fikri, salah satu tim lembaga falakiyah NU mengatakan, kegiatan ini dipersiapkan timnya dengan melakukan kajian dan pembelajaran teori dari kitab-kitab falak. Sejak semalam sebelumnya, berbagai metode dikaji bersama meliputi teori klasik, ephemeris hingga data-data mutakhir. “ sejak semalam kita telah lakukan kajian,” ucapnya.

Sementara itu, ketua Tanfidziyah NU Bannyuwangi Maskur Ali yang mengikuti acara sejak awal mengatakan, untuk menunjang kinerja falakiyah Banyuwangi, tahun ini dipastikan pemenuhan peralatan bisa diwujudkan.“ NU melihat bahwa keinginan lembaga falakiyah ini memiliki alat yang representatif,” ungkapnya.

Rencananya, peralatan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk satu set alat lengkap yang terpasang di dalam mobil sehingga mudah dibawa ke lokasi pengamatan.“PC Nu mengharapkanlembaga falakiyah supaya mewujudkan peralatan yang lumayan, yan g langsung dipasang di mobil,” cetusnya.

(Joy/dir)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Berikut Pesan PCNU Banyuwangi Saat Pelantikan Ansor Ranting Karangrejo

Banyuwangi – Mewakili Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi, Ahmad Qosim menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran pengurus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *