Home / Berita Aktual / Lima Ormas Islam di Banyuwangi Bahas Kebhinekaan

Lima Ormas Islam di Banyuwangi Bahas Kebhinekaan

Banyuwangi, NUOB –  Lima Ormas Islam di Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Forum silaturahmi bertajuk ‘Tandang Bareng’ bertempat di Aula Subulussolihin Masjid Baitul A’la, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi (28/04) pagi, pasca gesah bareng di Kantor PCNU Banyuwangi dan Mikir Bareng di PD Muhammadiyah Banyuwangi. Ormas Islam yang hadir diantaranya adalah Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, LDII, Al Irsyad dan Rabithah Alawiyah.

Saat sambutan, Kiai Sunandi Zubaidi dari PC NU Kabupaten Banyuwangi menilai bahwa ormas Islam memiliki seebuah persamaan.

“Persamaan kita ada di Manhajul Fikr Kebangsaan. Sama-sama satu tujuan, satu frekuensi untuk kedaulatan NKRI,” kata Kiai Sunandi

Lebih lanjut, Kiai Sunandi memaparkan tentang bahaya organisasi politik terlarang yang mengancam keutuhan NKRI.

“Kita tahu bahwa Hizbut Tahrir (HT) atau Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) itu terlarang dan berbahaya. Keberadaannya adalah ancaman bagi keutuhan NKRI,” tutur Kiai Sunandi

“Jika menengok, Rasulullah SAW saja mendirikan sebuah pemerintahan di Madinah bukan negara Islam. Tapi pemerintahan Madinah dengan konstitusi Madinah yakni Piagam Madinah,” tambahnya.

“Untuk itu, kita dari NU, Muhammadiyah, LDII, Al Irsyad dan Rabithah Alawiyah mari bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia yang beranekaragam suku, budaya, agama, ras, etnis dan antar golongan,” harapnya

Sementara, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi Drs. H. Astro Junaedi menuturkan bahwa pertemuan rutin harus selalu dirawat untuk satu tujuan yakni silaturahmi.

“Kegiatan ini merupakan agenda yang ketiga bagi kita ormas Islam di Kabupaten Banyuwangi. Untuk kali ini kami beri nama “Tandang Bareng” yang dimaksudkan agar organisasi Islam mampu berjalan bersama-sama melakukan aksi sosial kepada masyarakat” kata Astro sapaan karibnya.

Astro berharap masyarakat nantinya benar-benar merasakan pengabdian atas perjuangan organisasi Islam ini.

Selain para pimpinan organisasi Islam, acara tersebut juga dihadiri oleh Kemenag Kabupaten Banyuwangi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuwangi, GP Ansor, Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU. (Awang/Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *