LTMNU dan Lembaga Falakiyah NU Banyuwangi Adakan Pelatihan Manajemen Masjid

Wongsorejo – Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Banyuwangi mengelar pelatihan menejemen masjid di bawah naungan NU. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Ahad (19/05) pagi.

Menurut Ketua PC LTMNU Banyuwangi, Abdurouf Stani, ada sejumlah permasalahan yang terjadi dalam kepengurusan takmir masjid. Diantaranya; penelantaran masjid, konflik antar pengurus, tidak aktifnya fungsi kepengurusan masjid, dan sejumlah permasalahan lainya.

“Padahal masjid harus digunakan sebagai mana mestinya. Yakni untuk tempat ibadah, merawat tradisi NU seperti tahlilan. Selain itu, masjid juga sebagai tempat untuk menjaga aqidah aswaja annahdliyah,” tegas Abdurouf Stani

Sementara itu, Ketua Lembaga Falakiyah NU Banyuwangi, H. Gufron mengatakan, pengurus takmir masjid harus mengerti arah kiblat. Karena jika hanya mengarah ke barat saja tanpa mengerti arah kiblat, maka bisa jadi arah sholatnya menghadap ke Benua Afrika.

“Jadi pengurus takmir masjid harus memahami hal itu. Jangan sampai karena tidak mengerti dan tidak mau belajar ibadah kita sia-sia karena salah menghadap kiblat,”kata Gofur.

Menurut Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Wongsorejo, H. Holili, pelatihan manajemen masjid di Kecamatan Wongsorejo ini sangat penting. Karena melihat kondisi kecamatan wongsorejo yang memiliki 77 masjid, sangatlah rawan untuk dikuasai oleh orang -orang yang berbeda aqidah NU.

“Masjid-masjid NU harus dijaga, dirawat, dan ditangani dengan baik dan profesional. Karena sudah banyak masjid di Banyuwangi ini yang dulunya dikelola orang NU karena tidak di tangani dengan baik, maka masjid tersebut jatuh ke tangan golongan aliran islam garis keras,”

H.Holili berharap lembaga-lembaga di bawah naungan NU selalu memberikan pelatihan dan arahan terhadap kader di bawahnya. Sehingga kader NU tidak goyah dengan pengaruh aliaran lainya. (Habibi | LTMNU Banyuwangi / Sholeh)

Comments

comments

Check Also

KH. Fachrudin Mannan: Surga Merindukan Salah Satu dari Empat Golongan

Muncar, Banyuwangi – Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Muncar KH. Fachrudin Mannan menjelaskan, surga merindukan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *