Madrasah Tsanawiyah Arrabbi Gelar Pondok Ramadan Dini Hari

Glagah, Banyuwangi – Madrasah Tsanawiyah (Mts) Arrabbi, Dusun Gadog, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, menggelar pondok ramadan, Kamis (30/05) dini hari. Mts Arrabbi adalah madrasah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan tahunan ini, diikuti langsung oleh puluhan siswa dan dewan guru pengajar. Murid-murid mulai memadati sekolah usai sholat tarawih berjamaah di tempat mereka tinggal masing-masing. Sejak itu, mereka diberikan bekal materi-materi berkaitan dengan pendidikan moral, puasa, dan keagamaan lainnya oleh dewan guru yang menyampaikan pidato secara bergilir.

Sementara tepat pukul 02:00 WIB murid-murid dibangunkan untuk melaksanakan sholat malam di masjid yang berjarak 50 meter dari sekolah hingga salat subuh. Usai pelaksanaan salat subuh, dilanjutkan olahraga pagi dengan joging sepanjang 3 km.

Salah seorang pengajar Suripto (30) menjelaskan, kegiatan ini penting dilakukan untuk melatih siswa agar terbiasa melaksanakan sholat malam.

“Kegiatan ini memang rutin kami lakukan, terutama pada malam-malam ganjil sepuluh terakhir bulan Ramadan. Agar murid Mts Arrabbi terbiasa untuk melaksanakan sholat malam,” ujar Suripto.

Salah satu siswa Kholipah (16) merasa senang dengan kegiatan pondok Ramadan di sekolahnya. “Saya senang dengan kegiatan ini, karena bisa meningkatkan ibadah kepada Allah Swt. Meskipun awalnya sangat berat, tapi kalau sudah biasa malah senang,” ujar siswi kelas sembilan saat dimintai keterangan NU Online Banyuwangi. (Rosuli / Sholeh)

Comments

comments

Check Also

KH. Fachrudin Mannan: Surga Merindukan Salah Satu dari Empat Golongan

Muncar, Banyuwangi – Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Muncar KH. Fachrudin Mannan menjelaskan, surga merindukan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *