Home Berita Aktual Malam Ini, Nahdliyin Se-Jawa Timur Gelar Istighotsah Kubro Serentak Secara Online

Malam Ini, Nahdliyin Se-Jawa Timur Gelar Istighotsah Kubro Serentak Secara Online

80
0

Banyuwangi, NUOB – Pandemi virus Corona atau Covid 19 semakin hari semakin menyebar di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk ikhtiar dhahir oleh Pemerintah Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota Se Jatim. Selain itu, masyarakat juga sudah menjaga pola hidup bersih dan sehat, para dokter sudah berjuang maksimal. Khusus di Wilayah Banyuwangi, data terakhir menunjukkan ada 467 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 5 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 1 orang Positif Terinfeksi Virus Corona dan sedang dalam Perawatan.

Kini, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan menggelar Istighotsah berharap Allah SWT mengangkat Covid-19 dari bumi Indonesia. KH Syafrudin Syarif, Katib PWNU Jawa Timur mengajak masyarakat mengikuti istighosah online untuk keselamatan Jawa Timur dari wabah virus Corona (Covid-19).

“Mari kita bersama berdoa kepada Allah SWT agar pandemi virus Corona segera diangkat dari bumi Indonesia. Istighotsah adalah perintah Allah kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di tengah berkecamuknya perang Badar,” kata Kiai Syafrudin Syarif di Kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al-Akbar Timur 9 Surabaya, Sabtu (8/4).

Dijelaskan Kiai Syafrudin bahwa istighotsah kubro akan dilakukan secara online melalui saluran televisi, radio dan media sosial.

“Istighotsah kubro secara online untuk mengikuti protokol pemerintah terkait social distancing,” ungkapnya usai mengikuti rapat bersama beberapa kiai.

Istighosah online tersebut akan dilaksanakan, Rabu (8/4) pukul 19.30 WIB yang akan ditayangkan di TVRI secara langsung dan disiarkan pula oleh sejumlah televisi lokal di Jawa Timur.

Untuk lokasi pelaksanaan di Gedung Negara Grahadi, Kantor PWNU Jawa Timur dan Pondok Pesantre Lirboyo Kediri. Beberapa kiai akan dibagi menjadi dua. Yaitu di kantor PWNU Jatim dan Pondok Lirboyo Kediri, Sedangkan yang di gedung Negara Grahadi akan bergabung Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim, lanjutnya.

Sementara itu, menindaklanjuti Instruksi PWNU Jawa Timur tersebut, Ketua PCNU Banyuwangi, H. Moh. Ali Makki Zaini (Gus Makki) mengajak seluruh Warga Nahdlatul Ulama di Banyuwangi untuk bersama-sama mengikuti Istighotsah Kubro ini. Walau dilaksanakan secara Online, mandiri di rumah masing-masing tanpa berkumpul, tidak akan mengurangi Hikmat dari do’a bersama ini.

“PCNU Banyuwangi telah melakukan ikhtiyar lahiriyah, dengan menggerakkan seluruh pengurus untuk Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dengan membagikan Masker, penyemprotan Desinfektan, hingga mengurangi dampak ekonomi dengan memberi bantuan sembako pada masyarakat terdampak, ini juga harus disertai dengan Ikhtiyar Bathin yaiu dengan Istighotsah, memohon Ampunan Ilahi agar segera mengangkat Musibah Wabah Corona ini”, Jelas Gus Makki yg juga Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Srono ini.

Gus Makki meminta seluruh warga Nahdliyin Banyuwangi untuk menyaksikan dan mengikuti Istighotsah Kubro ini dengan mengikuti dzikir yang dipandu para Masayikh dan Kyai Sepuh NU melalui media televisi nasional, Lokal dan media sosial lainnya.

“Istighotsah Kubro diperkirakan dilaksanakan selama satu jam beserta doa. Kita mohon pertolongan Allah bersama masyarakat Jawa Timur di rumah masing-masing semoga Jawa Timur dan Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19. Dan kami yakin itu dikabulkan Allah,” pungkasnya.

Selain Media Nasional seperti TVRI, TV9, JTV, SBO TV, BBS TV, Media Televisi Lokal Banyuwangi yang akan menyiarkan secara langsung istighotsah kubro ini terdiri dari Banyuwangi TV, Duta TV, Banyuwangi 1 TV, dan Ravi Vision. Sedangkan Radio Sritanjung, Bintang Tenggara, dan Blambangan FM juga akan ambil bagian menyiarkan lewat Audio.

Untuk Media Live Streaming, PBNU akan menyiarkan langsung lewat 164 Channel, PWNU Jatim dengan Cita Entertainment, dan PCNU Banyuwangi menyiarkan Via Channel Youtube dan Halaman Facebook Resmi PCNU Banyuwangi yang disupport oleh NU Online Banyuwangi (NUOB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here