Malam Nisyfu Sya’ban, NU Cabang Banyuwangi Dideklarasikan

Banyuwangi, NUOB – Momentum malam Nisyfu Sya’ban memiliki makna penting bagi umat Islam. Tanggal 15 Sya’ban dalam sistem kalender hijriyah ini, diyakini sebagai saat-saat malaikat menyampaikan buku catatan tahunan amal umat manusia kehadirat Allah SWT.

Namun, keistimewaan malam nisyfu Sya’ban tersebut, semakin bertambah bagi kalangan nahdliyin Banyuwangi. Pasalnya pada malam tersebut, NU Cabang Banyuwangi didirikan. Hal ini disampaikan oleh salah satu tim penulisan buku “Sejarah Nahdlatul Ulama Banyuwangi” Ayung Notonegoro.
“NU Banyuwangi resmi menjadi cabang pada 15 Sya’ban 1349 yang bertepatan dengan 16 Januari 1930. Jika merujuk pada putusan PBNU, maka malam ini adalah Harlah ke-91 PCNU Banyuwangi,” ungkap pendiri Komunitas Pegon itu kepada NUOB, senin (30/4)
Lebih lanjut Ayung menceritakan momentum pendirian NU tersebut. Ia merujuk pada sebuah berita yang dimuat di Majalah Swara Nahdlatoel Oelama (SNO) terbitan PBNU pada tahun yang bersamaan. Saat itu, ada tiga pengurus PBNU yang berkunjung ke Banyuwangi. Ia adalah KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Mas Alwi bin Abdul Aziz.
“Setelah Isya’ diadakan pertemuan di kediaman Kiai Maksum Kemasan. Ada seratusan ulama dan tokoh masyarakat Banyuwangi yang hadir pada rapat pembentukan NU tersebut,” cerita Ayung.
Para ulama dan tokoh masyarakat yang hadir adalah pengurus dan pembesar Nahdlatul Islamiyah. Yaitu, suatu jam’iyah pengajian yang memiliki visi untuk mendakwahkan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah dari gempuran propaganda Wahabi.
“Dari pertemuan itu, disepakati Nahdlatul Islamiyah diubah menjadi Cabang NU Banyuwangi. Kiai Maksum sendiri dipilih sebagai rais syuriyah. Sedangkan ketua tanfidziyahnya dijabat oleh Anjun Penghulu Muhammad Salim dari Kauman,” terangnya. (ib)

Comments

comments

Check Also

Mudik Itu Ibadah

Oleh Muhammad Sulton Fatoni Sabtu pagi (9/6), suasana Gedung PBNU mulai ramai didatangi warga Jakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *