Home / Berita Aktual / Ma’mulah Melantik Ratusan Kader Muslimat, Berikut Pesannya
Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Banyuwangi Ma'mulah Harun melantik ratusan kader dari utusan 18 ranting se-Kecamatan Banyuwangi di aula Masjid al-Ikhlas, Ahad, 8 Desember 2019. (Foto: Kontri NUOB)

Ma’mulah Melantik Ratusan Kader Muslimat, Berikut Pesannya

Banyuwangi – Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Banyuwangi Ma’mulah Harun melantik ratusan kader Muslimat NU utusan 18 ranting se-Kecamatan Banyuwangi di aula Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Ahad, 8 Desember 2019.

Usai melantik, dia berpesan untuk terus semangat berpegang teguh di bawah NU. Pun dalam keteguhan itu harus diimbangi dengan melaksanakan aturan-aturan yang telah terikat di dalamnya.

“Pendeknya harus tertib administrasi. Pada saat ini misalnya, kita semua telah melaksanakan reformasi serentak di wiayah kerja ranting se-Kecamatan Banyuwangi. Reformasi ini dibutuhkan untuk memaksimalkan jenjang kaderisasi dan penyegaran organisasi,” ujar Ma’mulah.

Tak lupa, di hadapan ratusan kadernya dia juga sharing manfaat yang didapatkan selama aktif di Muslimat NU. Dalam pengalamannya, aktif di organisasi mendapatkan banyak saudara dan keluarga baru.

“Pertama saudara kita hanya lingkup satu ranting. Berjalannya waktu persaudaraan itu merambah di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan seluruh Indonesia. Sungguh ini luar biasa. Kehidupan tentu lebih berkah semuanya,” Ma’mulah menjelaskan.

Kedua dari pesannya, dia menginginkan setiap ranting yang memiliki yayasan pendidikan di bawah naungan Muslimat NU untuk lebih dikelola dengan baik dan ditingkatkan kembali manajemennya. Ini sangat krusial, untuk mencetak generasi unggul yang berlandaskan Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja).

Maraknya fenomena radikal dan teror yang terjadi saat ini, tak luput menjadi perhatian penting dalam program kerja yang dilakukannya. “Dalam aktivitas yang selama ini kita laksanakan, secara tak langsung adalah menjaga akar rumput dari ideologi radikalisme,” ujar dia.

Namun dia menginginkan dalam waktu dekat Muslimat NU menjadi pesantren bagi para kadernya. “Bersama Rabitha al-Ma’ahid al-Islamiyah (RMI), setiap pertemuan rutinan Muslimat NU, kita programkan ngaji bandungan dengan kitab-kitab kajian fiqih, tauhid, dan lainnya. Selain menyimak, juga ada waktu belajar membacanya. Kita sudah susun silabusnya,” kata Ma’mulah.

Senada hal itu, pada kader Muslimat NU pasca dilantik, Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Banyuwangi Hilmiyah mengharapkan untuk terus aktif berjuang dan memberikan manfaat kepada jamaah di bawah panji Muslimat NU.

“Saya menghimbau kepada seluruh kader untuk terus berjuang dengan penuh keikhlasan. Penting juga kepada seluruhnya untuk aktif kolaborasi dengan menjalankan program kegiatan di tingkat pusat, wilayah, kabupaten, hingga kecamatan. All out tidak hanya aktif di tingkat ranting,” pesan Hilmiyah.

Ketua Ranting Muslimat NU Kelurahan Karangrejo Musriatul Maghfiroh komitmen untuk meningkatkan soliditas organisasi dan hubungan setiap anggota. Juga tak luput dalam program ke depannya dalam mengupgrade kualitas rutinan tiap bulan yang dilaksanakan di rantingnya.

“Mohon doa semoga ke depan diberikan kekuatan untuk menjalankan amanah ini. Sejauh ini, rutinan berjalan lancar dan diikuti oleh puluhan kader di tingkat ranting. Ke depan, saya bersama pengurus tentu akan mengikuti instruksi dari Muslimat NU cabang, bahwa pertemuan itu tidak hanya sebatas takhtimul qur’an dan tahlil. Yang lebih penting dilaksanakan kajian-kajian fiqih yang merujuk pada kitab-kitab kuning mahakarya para ulama Syafi’iyah,” kata Musriah.

Acara pagi itu semakin meriah karena diiring dengan group paduan suara dan samroh yang semuanya dibawakan oleh kader-kader Muslimat NU dengan membawakan lagu-lagu pilihan. Selain itu, turut Camat Banyuwangi Muhamad Lutfi beserta istri. (Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Berikut Pesan PCNU Banyuwangi Saat Pelantikan Ansor Ranting Karangrejo

Banyuwangi – Mewakili Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi, Ahmad Qosim menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran pengurus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *