Home / Kabar Nahdliyin / Melek Administrasi Adalah Hal Wajib Bagi Kader IPNU IPPNU

Melek Administrasi Adalah Hal Wajib Bagi Kader IPNU IPPNU

Gambiran, NUOB – Salah satu elemen organisasi seperti keadministrasian, bagi setiap kader IPNU IPPNU di setiap jenjang kepengurusan adalah wajib untuk dipahami dan dilaksanakan. Kewajiban memahami keadministrasian ini akan berdampak positif untuk kemajuan organisasi.

Dalam hal tersebut, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gambiran memberikan pemahaman tentang administrasi kepada Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU yang ada di Kecamatan Gambiran melalui kegiatan Diklat Administrasi.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula MWC NU Kecamatan Gambiran itu dinarasumberi langsung oleh Pengurus Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Kabupaten Banyuwangi, Rekan Moh. Awang Nuryaddin dan Rekanita Bara Putri Rianda Hardiyanti.

Ketua PAC IPNU Kecamatan Gambiran, Iwan Fahruddin menyatakan bahwa pentingnya memahami sistem administrasi di setiap kepengurusan IPNU IPPNU.

“Diklat Administrasi ini adalah ikhtiar awal kami sebagai Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Gambiran dalam memberikan ilmu kepada Pimpinan Ranting (PR) mengingat administrasi itu sangat penting bagi organisasi (IPNU IPPNU)” kata Iwan, Ahad (21/07)

“Seperti teori membuat surat-surat, membuat laporan kegiatan atau laporan pertanggungjawaban dan lainnya, dimulai dengan kegiatan diklat administrasi semacam ini, yang nantinya akan jadi bekal ketika dipraktekkan,” tambahnya

Senada dengan itu, Pengurus PC IPNU Kabupaten Banyuwangi Moh. Awang Nuryaddin mengungkapkan tentang tujuan sistem adminitrasi bagi organisasi.

“Sistem administrasi memiliki beberapa tujuan guna menunjang kemajuan organisasi, yakni untuk mempermudah dalam hal pencarian data kegiatan, mendukung kinerja organisasi, menjamin penyelenggaraan kinerja organisasi yang teratur dan manajebel,” kata Awang

“Selain itu, juga bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi kesekretariatan, sebagai bukti identitas organisasi dan sebagai warisan peradaban (kepengurusan),” tuturnya

“Terkadang, ada yang kurang jeli terhadap pengarsipan dokumen kegiatan yang mengakibatkan hilangnya rekam jejak kegiatan,” cetusnya

“Maka dari itu, pemahaman dan sadar tentang tata kelola administrasi organisasi perlu dipupuk sejak dini,” pungkasnya

Kegiatan tersebut diakhiri dengan menyanyikan mars IPNU IPPNU yang menjadi pelecut semangat kader-kader IPNU IPPNU agar melek administrasi (Deni, NUOB).

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

PAC IPNU IPPNU Muncar Gelar Pengajian Aswaja

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Muncar menggelar kegiatan pengajian Aswaja di dusun Sukosari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *