Home / Berita Aktual / Menyambut Hari Santri Nasional 2019, MWC NU Kecamatan Blimbingsari Gelar Grebeg Santri

Menyambut Hari Santri Nasional 2019, MWC NU Kecamatan Blimbingsari Gelar Grebeg Santri

Blimbingsari, Banyuwangi – Ratusan santri yang berasal dari kalangan pesantren, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), warga nahdliyin se-Kecamatan Blimbingsari memenuhi Lapangan Watukebo, Kecamatan Blimbingsari untuk mengikuti rangkaian kegiatan Grebeg Santri yang dilaksanakan oleh MWC NU Blimbingsari, Ahad (20/10/2019) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk menyambut momentum Hari Santri Nasional (HSN) 2019 itu dihadiri langsung oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Blimbingsari Taufik Ismail beserta jajaran lembaga dan Banom NU dan Camat Blimbingsari Abdul Latip beserta jajaran Forpimka.

Saat sambutan Taufik Ismail mengatakan, kegiatan grebeg santri ini penting dilaksanakan sebagai langkah preventif sebaran ideologi radikal di kalangan masyarakat dan santri, yang menyeruak di sosial media.

Ancaman ideologi radikal, kata Taufik, menjadi kewaspadaan bersama. Peranan pemuda baik dari kalangan pelajar dan santri harus mengimbangi ancaman ini.

“Kekuatan pemuda harus ditingkatkan karena pemuda sekarang adalah calon pemimpin di masa yang akan datang,” ungkap Taufik.

Di akhir sambutan dan arahannya, Taufik menutup dengan statement Bung Karno ‘Berikan aku 100 orang tua niscaya kucabut Gunung Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kugoncangkan dunia’.

“Semangat pemuda ! terus warnai perubahan di setiap tantangan zaman ! Saatnya pemuda NU hari ini turut menyeimbangi persebaran konten radikal di jagad media sosial,” ungkap Taufik.

Senada hal itu, Abdul Latip meminta seluruh elemen tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk bergerak bersama dalam menangkal ancaman ideologi radikal dan teror.

“Ancaman ini menjadi tugas bersama. Pemuda harus tampil di depan dalam menangkal dan menyeimbang cara dakwah mereka. Mulai dari tulisan, video, dan konten positif lainnya,” pesan Latip.

Sementara Ketua Majelis Silaturahmi TPQ Kecamatan Blimbingsari, Muslimin menjelaskan, seluruh santri dan pemuda NU yang hadi pada rangkaian pagi ini dapat meneladani secara langsung sprit perjuangan santri-santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

“Saat ini tugas mereka (santri) adalah belajar ilmu agama dan berorganisasi dengan giat sebagai cara membentengi diri dari serangan ideologi radikal,” pungkas Muslimin. (Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *