Home Berita Aktual Menyambut Ramadhan, Kembali LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi Salurkan Bantuan

Menyambut Ramadhan, Kembali LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi Salurkan Bantuan

92
0
Ketua LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kasiyanto (dua dari kiri) menyalurkan sejumlah bantuan beras di kantor sekretariat LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi.

Banyuwangi – Ada banyak anjuran ibadah dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Salah satu diantaranya, LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi memilih dengan cara menyalurkan bantuan kepada para duafa berupa bahan pokok beras ke sejumlah ranting di wilayah kerjanya.

Saat dimintai keterangan NU Online Banyuwangi, Kasiyanto selaku Ketua LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi menjelaskan, bantuan tersebut segera disalurkan kepada para janda dan masyarakat miskin melalui masing-masing ranting yang ada di Kecamatan Banyuwangi.

“Total ada 100 kantung kresek, masing-masing 2,5kg beras diberikan ke ranting. Tentu sangat bias, tiap LAZIS yang berada di ranting menambahkan bahan pokok lainnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi karakteristik tiap ranting. Karena langkah program ini juga sebagai salah satu cara menstimulus semangat ke ranting-ranting NU yang masih berkembang,” kata Kasiyanto, Selasa, 21 April 2020.

Dia menambahkan, program pentasarufan penting untuk terus dilakukan untuk meringankan beban di tengah masa sulit penyebaran virus Corona yang masih belum ada kepastian penyebarannya terhenti. Aktivitas penanganan sendiri, LAZIS MWC NU juga sering memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Misalnya, kita tiap pekan menyemprot cairan disinfektan ke sejumlah ranting yang bekerjasama dengan banom dan stakeholder masing-masing; pengadaan alat semprot disinfektan; dan peminjaman alat semprot. Dan terakhir, kita bersama PCNU Kabupaten Banyuwangi turut membagikan masker kepada para pengendara motor yang melintas di jalan utama (depan Kantor PCNU Banyuwangi),” ungkapnya.

“Tak hanya itu, sekarang kita cari cara, dalam waktu dekat pengadaan mesin fogging nyamuk, memberantas nyamuk penyebab demam berdarah (Aedes Aegypti). Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan untuk beribadah penuh, spesial bulan Ramadhan,” harap Kasiyanto.

Sementara, Ketua MWC NU Kecamatan Banyuwangi H. Akhmad Musollin memberikan apresiasi penuh atas dedikasi pelaksanaan program-program dari lembaga amil zakat infaq dan sedekahnya.

“Lembaga ini secara langsung menjadi ruang belajar untuk kita memberikan pengabdian, kepedulian, serta kemanfaatan kepada masyarakat. Saya berharap ke depan sinergi kita semakin baik,” kata Musollin.

Pihaknya juga meminta kepada segenap pengurus menjaga kekompakan, bahu-membahu syiar di bawah panji organisasi yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari. “Hilangkan ego sektoral dan kesombongan ! Niatkan semua perjuangan ini untuk Allah, bukan tujuan lainnya yang bersifat sementara !” pintanya.

Soal wabah korona, Musollin meminta masyarakat tetap mentaati imbauan pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan. Misalnya: dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, dan olahraga rutin.

“Semoga wabah ini segera berhenti. Agar ibadah dan perjuangan kita bisa maksimal, terkhusus saat Ramadhan tiba,” harap Musollin.

Salah satu ranting penerima sembako ketika dimintai keterangan, Hidayaturrahman merasa bersyukur atas support dukungan dari LAZIS MWC NU Kecamatan Banyuwangi kepada ranting.

“Terkhusus penerimaan support bantuan sejumlah kantung beras untuk Ranting NU Kampung Melayu. Tinggal nanti kita kreasikan penambahan dan penyesuaian bahan pokok sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Dayat sapaan karib – Hidayaturrahman yang juga sebagai Ketua Ranting NU Keluarahan Kampung Melayu.

Dia pun menjelaskan, beberapa hari terakhir telah menjalankan program ‘Gembira Nabung’ yang dimaknai ‘Gerakan Memberikan Nasi Bungkus’ kepada para duafa yang berada di masing-masing RT Kelurahan Kampung Melayu, sesuai dengan instruksi cabang. Gerakan ini berkolaborasi dengan seluruh banom dan stakeholder setempat.

“Program ‘Gembira Nabung’ berlangsung beberapa hari, tepatnya pada hari kamis (16), Minggu (19), Rabu (22) April 2020. Ada seratusan nasi bungkus yang tersalurkan untuk meringankan dampak wabah corona,” kata Dayat.

Pria yang juga menjabat sebagai wakil sekretaris MWC NU Kecamatan Banyuwangi ini berpendapat, sudah saatnya NU hadir bukan hanya berlihai di panggung ceramah keagamaan.

“Namun, sekarang jamannya pengurus NU menjadi pelopor memimpin barisan memberikan uswatun hasanah dalam penyelesaian berbagai permasalahan sosial dengan kolaborasi seluruh lembaga dan Banom NU yang dimiliki dengan bermitra stakeholder dan pemerintah terkait,” jelas Dayat menutup keterangannya. (Sholeh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here