Home Berita Aktual Muslimat NU Dorong PCNU Banyuwangi Buka NU Mart

Muslimat NU Dorong PCNU Banyuwangi Buka NU Mart

85
0

Blimbingsari, NUOB – Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, mendorong Pengurus Cabang NU Banyuwangi, membuka toko modern atau NU Mart.

Hal itu diutarakan oleh ketua PAC Muslimat NU Blimbingsari, Rosdiana disela- sela sesi tanya jawab, kegiatan Sobo Deso PC NU Banyuwangi, yang bertempat di Balai Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Ahad, 12 Juni 2020.

Rusdiana mengatakan, toko mendert atau NU Mart sangat penting didirikan. Sebab hal itu bisa membantu keberlangsungan perekonomian warga NU yang ada di tingkatan Kecamatan hingga Ranting atau Desa.

“Sebenarnya banyak sekali warga NU mempunyai usaha mikro kecil menengah ( UMKM), khususnya di wilayah Kecamatan Blimbingsari. Akan tetapi mereka terkendala pemasaran. Harapan saya jika PC NU Banyuwangi, mempunyai toko modern, produk dari toko itu bisa diisi oleh warga NU Yang mempunyai UMKM,” Kata Rosdiana.

Kata Rosdiana, selama ini produk UMKM warga NU, hanya dipasarkan sendiri, tanpa ada pangsa pasar yang memadai dan luas. Sehingga kebanyakan produk UMKM yang diproduksi tidak bisa berkembang lebih luas.

“Saya sangat berharap sekali berdirinya toko modern milik NU Banyuwangi. Sehingga kami bisa ikut memasarkan produk olahan kami di situ (toko Modern). Saya yakin jika itu terwujud. Perekonomian warga NU akan terbantu, terlebih lagi di musim pandemi covid-29 seperti ini,” tambah Rosdiana.

Sementara itu, Ketua PC Lembaga Perekonomian NU Banyuwangi, Abdurrohim mengatakan, bahwa NU Banyuwangi sebenarnya sudah punya mitra untuk menyalurkan produk UMKM warga NU di Banyuwangi. Namun Rohim mengakui, saat ini masih minim sekali warga NU yang memasarkan produk UMKMnya ke mitra Lembaga Perekonomian NU Banyuwangi.

“Saya akui masih minim produk UMKM warga NU yang dipasarkan di mitra kami. Karena warga NU sendiri yang mempunyai produk UMKM masih sangat sulit pembinaannya. Seperti kita melakukan acara penyuluhan makanan sehat, warga NU yang datang juga minim. Bahkan justru warga non NU yang antusias mengikutinya,”cetus Abdurrahim

Kata Rohim panggilan akrab Abdurrohim, setiap produk UMKM yang hendak dipasarkan di super market atau toko modern, harus mempunyai stadart mutu yang sudah ditentukan. Sehingga tidak sembarangan produk yang masuk ke toko modern.

Antusias Ibu-ibu Muslimat dalam giat Sobo Deso PCNU Banyuwangi

” Setiap produk UMKM itu kan harus mempunyai standart mutu, makanya itu kami ini sering mengadakan penyuluhan makanan sehat. Dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan penyuluhan lagi, dan saya harapkan warga NU yang bergerak di bidang UMKM bisa mengikutinya. Sehingga bisa meningkatkan mutu dan kualitas produknya,” kata Abdurrohim

Wakil ketua PC NU Banyuwangi, Arif Fauzi menambahkan, selain NU sudah bekerja sama dengan sejumlah toko modern, NU Banyuwangi sendiri juga telah mendirikan NU Store di kantor PC NU Banyuwangi. NU Store tersebut saat ini progresnya sedang dalam pinising dan penggeseran tempat produk.

“Insya Allah NU Store ini dalam waktu dekat ini akan diaktifkan. Sehingga warga NU yang mempunyai produk UMKM bisa menitipkan barangnya di NU Store itu. Tentunya dengan kemasan produk yang bagus juga,” kata Arif.

Menurut Arif, warga NU tidak perlu khwatir, kedepanya produk UMKM masyarakat NU akan terakomodir. Sehingga diharapkan NU Store ini bisa bermanfaat dan mensejahterakan warga NU pada umumnya.

“Doakan smoga NU Store segera rampung, sehingga bisa menampung produk UMKM warga NU,” pungkas Arif. (Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here