Breaking News
Home / Kabar Nahdliyin / Muslimat Ranting Tegalsari Peringati Harlah Dengan Lomba Tumpeng

Muslimat Ranting Tegalsari Peringati Harlah Dengan Lomba Tumpeng

Peringatan hari lahir ke-70 Muslimat NU yang bertepatan pada tanggal 26 Maret tersebut disambut meriah seluruh kadernya. Tidak hanya pada peringatan akbar yang terpusat di Stadion Gajayana Malang saja, namun pengurus Muslimat NU ditingkat ranting pun tak mau ketinggalan. Hal ini sebagaimana terlihat dari peringatan harlah yang dilakukan oleh Ranting Muslimat NU Tegalsari 1, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi.

Lain dari pada yang lain, ibu-ibu Muslimat tersebut, memperingati harlah dengan mengadakan lomba membuat nasi tumpeng. Acara yang diikuti oleh 32 kelompok pengajian yasinan ibu-ibu dibawah binaan Muslimat Nu Tegalsari 1. Tumpeng sengaja dipilih karena nilai filosofisnya yang dinilai cocok dengan semangat syukuran akan hari lahir. “Acara lomba ini sengaja memilih tumpeng. Karena momen yg sedang berlangsung adalah hari ulang tahun. Selain itu tumpeng merupakan simbol selamatan dan bersyukur serta biar semakin guyub” ungkap Asminah, ketua Ranting Muslimat NU Tegalsari 1.

Acara yang digelar pada Rabu (30/3) siang itu, bertempat di kantor NU Desa Tegalsari. Para peserta membawa tumpengnya dengan beragam cara. Mulai dari diusung hingga dibawa dengan mobil. Mereka membawanya bersama dengan kelompok masing-masing.

Asminah menjelaskan bahwa ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh tiap penyaji nasi tumpeng. Kriteria tersebut yang akan menjadi bahan penjurian. “Untuk penjurian, panitia mewajibkan setiap tumpeng menyertakan nasi gurih, eseng-eseng kates dan krawu. Selebihnya terserah kreasi masing masing,” ungkapnya.
Hadiah yang diberikan untuk juara satu berupa al-Quran yang terjilid setiap juz, sedangkan untuk hadiah kedua kitab al-Barjanzi dan hadiah ketiga 20 buku yasin. Selain itu panitia memberikan doorprise untuk tiga juara harapan.

Sebelum penjurian dan lomba dilakukan, pada pagi harinya ibu ibu menggelar khataman al-Quran serentak dengan tujuan sebagai doa agar kondisi bangsa semakin baik. (Joy/ ed. Ayung)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cetak Sumber Daya Manusia Berkualitas tinggi yang Berlandaskan Aswaja Melalui Makesta

Banyuwangi, Genteng – Terus bergerak dalam melakukan pengkaderan di tingkat mahasiswa, PKPT IPNU IPPNU IAI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *