MWC NU Banyuwangi Kerahkan Potensi Ranting untuk Bantu Korban Banjir

Banyuwangi, NUOB- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Banyuwangi turunkan bantuan gelombang kedua berupa makanan masak kepada para korban bencana banjir bandang, dalam posko bantuan yang didirikan PCNU Kabupaten Banyuwangi di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Senin (25/06) siang.

Wakil ketua MWC NU Kecamatan Banyuwangi Haikal Kafili mengatakan, segela potensi yang ada dalam masing-masing ranting harus diupayakan untuk meringankan beban korban bencana ini. Pasalnya, bencana banjir bandang kali ini telah merusak dan menghilangkan harta benda korban.

“Kami dan segenap pengurus turut bersimpati atas bencana ini. Menyaksikan ratusan rumah penduduk rusak dan kehilangan harta benda, membangkitkan jiwa kemanusiaan bersama. Sehingga seluruh lembaga, banom, dan ranting NU kami menginstruksikan pro aktif memberikan bantuan apapun untuk meringankan beban penderitaan korban,” terang Haikal sapaan karib Haikal Kafili saat dimintai keterangan.

Sejak awal sampai berita ini ditulis, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) memberikan bantuan tenaga membersihkan lumpur yang menggenang dimana-mana. Begitu juga, Ahad kemarin melalui Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi berikan bantuan dana sumbangan, sembako, dan air mineral yang kita akomodir dari para pengurus, anggota, lembaga ranting NU, dan badan otonom.

“Sementara hari ini, kita berikan bantuan berupa ratusan nasi bungkus untuk konsumsi para korban dan relawan yang dimotori oleh muslimat dan fatayat di tingkat Kecamatan Banyuwangi. Dilanjutkan dengan agenda besok pagi, akan turun bantuan pakaian layak. Sekali lagi kami katakan, pengurus akan semaksimal mungkin untuk membantu meringankan beban bencana kepada saudar-saudara kita semua dengan memanfaatkan segala potensi yang ada,” jelas Haikal.

Ia menambahkan, jika ada beberapa pihak luar sana bersimpati memberikan bantuan, MWC NU Kecamatan Banyuwangi siap fasilitasi. Apapun itu.

“Jika bantuan berupa dana dapat disalurkan langsung melalui rekening resmi NU Care – Lazis PC NU Kabupaten Banyuwangi di no rek. 7999990996 an. LAZISNU Banyuwangi. Dan selain dana, bisa lewat MWC NU Kecamatan Banyuwangi atau di masing-masing MWC dan ranting NU terdekat,” tutup Haikal.

Banjir terjadi akibat terjadi longsor di puncak Gunung Pendil. Gunung api tertua di komplek Gunung Raung. Ditambah dengan tingginya curah hujan selama empat hari berturut-turut mengakibatkan tanah tergenang dan mendobrak sisa material di atas.

Sedikitnya dikabarkan ada 23 unit rumah rusak berat, 118 rumah rusak sedang dengan kerusakan lumpur masuk rumah ketinggian 20 – 100 cm, sedangkan masih ada 274 rumah yang rusak ringan, juga ada beberapa titik destinasi yang rusak. Lintas organisasi dan komunitas baik di tingkat Banyuwangi sampai di luar kabupaten sejauh ini telah berpartisipasi dalam memberikan bantuan, tenaga, dana, serta pakaian layak. (Sholeh/Noe)

Comments

comments

Check Also

Selain Aktif di Ansor, Joko Setyawan Juga Rintis Bisnis Bibit Tanaman

Banyuwangi – Tidak semua kader NU mampu mensinergikan antara aktivitas di organisasi dengan merintis usaha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *