Ngaji Jurnaslitik, Cara IPPNU Darussalam Melek Informasi

TEGALSARI, NUOB –  Gempuran dan banjir informasi saat ini telah merajalela, ironisnya hal itu diikuti merebaknya berita bohong atau hoax di tengah masyarakat. Melihat hal itu, kader muda NU punya ikhtiar tersendiri. Ngaji Jurnalistik yang diadakan PK IPPNU Darussalam Putri Utara menjadi salah wadah bagi kader-kader muda NU di Pondok Pesantren dalam memahami berita yang beredar, baik di media cetak maupun media elektronik.

Ketua PK IPPNU Darussalam Putri Utara, Rafida Fismi Robik mengungkapkan, kegiatan rutinan kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan-kegiatan rutin sebelumnya, guna untuk menambah wawasan keilmuan rekanita IPPNU.

“Dengan kajian ini, diharapkan rekanita IPPNU khususnya dan santri putri umumnya tidak hanya belejar mengenai Aswaja saja, namun mereka juga bisa mengetahui ilmu-ilmu lainnya seperti kepenulisan ini,” kata Rekanita Rafida (24/01) malam.

Bertempat di Ruang Pengiriman Santri PP. Darussalam Blokagung, Rekan Moh. Awang Nuryaddin yang menjadi pemateri pada acara tersebut menjelaskan bahwa pentingnya ngaji jurnalistik adalah untuk mencetak kader-kader penulis di lingkungan Nahdlatul Ulama.

“NU hari ini dan masa datang butuh kader-kader yang seperti ini, cakap menulis. Gunanya untuk apa ?, tentunya untuk menyebarkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah lewat media,” ungkap Rekan Awang

Latihan kali ini juga ditekankan untuk melawan berita-berita yang berisi muatan radikalisme dan informasi yang mengadu domba,

“Selain cakap menulis, rekanita IPPNU juga dituntut untuk bisa mengelola media sosial dengan membuat konten narasi yang positif di tengah maraknya informasi hoax dan narasi radikaslime,” tambahnya.

meski dilaksanan secara singkat, namun antusias peserta sangat tinggi. semua peserta tampak serius dan menikmati semua proses yang dipungkasi dengan dengan praktik menulis berita dan artikel sederhana. (awing/jo)

Comments

comments

Check Also

Kh, Anwar Iskandar; Jangan Keluar dari NU

M‌uncar,Banyuwangi – Puncak acara Haul KH Askandar berjalan lancar dan dipadati ratusan jamaah di Pondok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *