Home Berita Aktual NU Karangrejo Siapkan Imam Shalat Sejak Usia Dini

NU Karangrejo Siapkan Imam Shalat Sejak Usia Dini

6
0
Peserta lomba Tahfidz Jus Amma tampil di hadapan dewan juri, di Masjid al-Ikhlas, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Ahad (26/05) malam. (Foto: Wafa)
Banyuwangi – Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri. Termasuk dalam menyiapkan kader imam shalat rawatib yang jumlahnya bertambah tahun semakin menurun.
Menanggapi tantangan di atas, Ranting NU Kelurahan Karangrejo melalui Takmir Masjid al-Ikhlas melaksanakan lomba tahfidz juz ‘amma untuk kalangan TPQ se-Kelurahan Karangrejo di masjid setempat, Ahad (26/05) malam
Ketua NU Ranting Karangrejo Ahmad Thoyib menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini untuk menyiapkan kader-kader penerus imam masjid. Dilaksanakan dalam dua kategori. Ada kategori remaja dan juga anak-anak. Yang jumlah total peserta ada 53 orang.
“Diawali dengan hafalan juz ‘amma. Karena surat-surat pendek juga menjadi kunci bacaan imam ketika shalat berjamaah. Harus disiapkan sejak dini. Kita undang perwakilan TPQ se-Kelurahan Karangrejo menjadi peserta,” kata Thoyib sapaan karibnya kepada NU Online.
Selain itu, ajang ini menjadi silaturahmi antar TPQ untuk saling mengenal. “Juga sebagai pembinaan pengurus kepada anak-anak remaja. Memastikan benar-benar menjadikan bibit yang berkualitas untuk syiar islam,” tutur Thoyib
Salah satu peserta, Fara Amirotul Irba dari TPQ As-Syafi’iyah merasa sangat antusias dalam mengikuti perlombaan tahfidz tahun ini.
“Sudah sering berlatih dan mengulang-ulang sampai benar hafal di luar kepala. Dari tajwid, kelancaran, sampai irama. Ada mentor yang rutin mengajar saat di TPQ,” ujar Fara. (Sholeh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here